3 Stadion yang ada di Malang Raya

Stadion di Malang Raya

Olahraga374 Dilihat
banner 468x60

Malang, Jawa Timur – Malang merupakan sebuah kota yang terletak di Jawa Timur, Indonesia, memiliki beberapa stadion yang menjadi pusat kegiatan olahraga, terutama sepak bola. Berikut ini adalah 3 Stadion yang ada di Malang Raya

1. Stadion Kanjuruhan
**Lokasi:** Kepanjen, Kabupaten Malang

banner 336x280

Stadion Kanjuruhan adalah stadion terbesar dan paling terkenal di Malang. Dibangun pada tahun 2004, stadion ini berkapasitas sekitar 42.000 penonton.

Stadion ini sering digunakan untuk pertandingan sepak bola, terutama sebagai markas dari klub sepak bola Arema FC, salah satu klub terkemuka di Indonesia.

Selain sepak bola, stadion ini juga digunakan untuk berbagai acara besar lainnya seperti konser dan kegiatan keagamaan.

Stadion Kanjuruhan memiliki fasilitas yang cukup lengkap, termasuk ruang ganti yang modern, tribun VIP, dan ruang media.

Meski begitu, pada 1 Oktober 2022, stadion ini menjadi pusat perhatian dunia karena insiden tragis yang terjadi setelah pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya, yang menyebabkan ratusan korban jiwa dan luka-luka.

2. Stadion Gajayana
**Lokasi:** Kota Malang

Stadion Gajayana merupakan salah satu stadion tertua di Indonesia, yang dibangun pada tahun 1924. Stadion ini memiliki kapasitas sekitar 25.000 penonton dan terletak di pusat Kota Malang. Sebelumnya, stadion ini menjadi markas Arema FC sebelum mereka pindah ke Stadion Kanjuruhan. Saat ini, stadion ini digunakan oleh Persema Malang, klub sepak bola lain yang berbasis di Malang.

Stadion Gajayana juga sering digunakan untuk berbagai kegiatan olahraga lainnya, seperti atletik, karena memiliki trek lari yang mengelilingi lapangan sepak bola. Selain itu, stadion ini juga digunakan untuk acara-acara besar lainnya, seperti konser musik dan upacara peringatan.

3. Stadion Universitas Negeri Malang (UM)*

*Lokasi:** Kampus Universitas Negeri Malang, Kota Malang

Stadion ini terletak di dalam kompleks Universitas Negeri Malang dan memiliki kapasitas yang lebih kecil dibandingkan Stadion Kanjuruhan dan Gajayana. Stadion ini sering digunakan untuk pertandingan sepak bola tingkat universitas dan kegiatan olahraga lainnya. Selain itu, stadion ini juga digunakan sebagai fasilitas latihan bagi mahasiswa dan mahasiswi yang terlibat dalam berbagai kegiatan olahraga.

### 4. Stadion Brantas
**Lokasi:** Kota Batu (berdekatan dengan Malang)

Meski terletak di Kota Batu, yang berbatasan langsung dengan Malang, Stadion Brantas sering digunakan oleh masyarakat Malang. Stadion ini memiliki kapasitas yang lebih kecil dan biasanya digunakan untuk pertandingan sepak bola lokal dan kegiatan olahraga lainnya.

Kesimpulan
Stadion-stadion di Malang tidak hanya menjadi pusat kegiatan olahraga, terutama sepak bola, tetapi juga menjadi tempat berbagai acara besar lainnya.

Stadion Kanjuruhan dan Stadion Gajayana menjadi dua stadion utama yang sering menjadi tuan rumah berbagai acara besar.

Meskipun insiden tragis di Stadion Kanjuruhan meninggalkan luka mendalam, stadion-stadion ini tetap menjadi simbol semangat dan kebanggaan bagi masyarakat Malang.

Dengan adanya berbagai stadion ini, Malang terus berkontribusi dalam memajukan olahraga, khususnya sepak bola, di Indonesia.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga