Kapolres Batu Gelar Upacara HUT Bhayangkara ke-78

Rangkaian Peringatan HUT Bhayangkara dengan Upacara dan Tasyakuran bersama jajaran Polres Batu

Sejarah194 Dilihat

Sekilasmalang.com, Kota Batu – Kapolres Batu Gelar Upacara dan Tasyakuran Peringati HUT Bhayangkara ke-78.

Kapolres Batu beserta jajaran melaksanakan peringatan HUT Bhayangkara ke-78 dengan menggelar Upacara pada Senin (1/7/24) di Balai Kota Among Tani Kota Batu.

Selain Kapolres Batu, diketahui upacara Peringatan HUT Bhayangkara ke-78 ini juga secara serentak digelar di seluruh wilayah kerja POLRI se-nusantara.

Dalam kegiatan yang juga dirangkai dengan Tasyakuran tersebut tampak hadir Forkopimda Kota Batu, Pejabat TNI di lingkup Kota Batu, tokoh agama, tokoh masyarakat, pengusaha perhotelan serta perwakilan ormas yang ada kota Batu.

Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsudin secara langsung bertugas menjadi Inspektur Upacara. Kemudian Kasat Samapta AKP Giyanto bertugas menjadi komandan Upacara.

Pasca upacara usai, rangkaian acara dilanjutkan dengan penampilan berbagai macam atraksi antara lain paramotor, perguruan pencak silat, atraksi satpam, dan defile pasukan.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsudin juga memberikan penghargaan kepada pemkot sebagai bentuk apresiasi atas kinerja dan sinergitas dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban wilayah.

Secara langsung, Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsudin menyerahkan langsung penghargaan kepada Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai.

“Terutama di Kota Batu ini. Sebagai kota wisata agar tetap aman, tertib dan nyaman untuk semuanya. Terutama bagi wisatawan,” tegas Oskar usai upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-78.

Sementara itu Pj Wali Kota Batu,Dr. Aries Agung Paewai, S.STP.M.M menyebut, pihaknya merasakan betul kinerja Polri sela setahun ia menjabat. Menurutnya, Polri telah bekerja dengan baik untuk menjaga Kota Batu.

“Yang jelas di Hari Bhayangkara ke-78 ini menjadi momen yang luar biasa membangun sinergitas antara pemerintah dan polri. Tentunya untuk kesejahteraan masyarakat,” terang Aries.

Acara ditutup dengan Tasyakuran yang diikuti oleh seluruh tamu undangan. Sesi akhir undangan dihibur dengan pena penampilan khusus Polwan, Bhayangkari , pemutaran vidio rangkaian giat HUT Bhayangkara, pemberian tropi hadiah lomba dan ramah tamah serta hiburan.

Penting diketahui, HUT Bhayangkara merupakan peringatan hari jadi Kepolisian Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 1 Juli setiap tahunnya.

Peringatan ini menjadi momen penting bagi seluruh anggota Polri untuk mengenang sejarah, jasa, dan pengabdian kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Indonesia.

Asal Mula Peringatan HUT Bhayangkara

Sejarah HUT Bhayangkara bermula pada tahun 1946 ketika Presiden Soekarno menetapkan tanggal 1 Juli sebagai Hari Bhayangkara.

Penetapan ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan atas kontribusi Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat sejak masa perjuangan kemerdekaan.

Dalam perjalanan sejarahnya, Polri telah mengalami berbagai perubahan dan perkembangan, namun tetap berkomitmen untuk melayani dan melindungi masyarakat.

Makna dan Tujuan Peringatan

HUT Bhayangkara memiliki makna yang mendalam bagi seluruh anggota Polri dan masyarakat Indonesia. Peringatan ini tidak hanya sebagai refleksi sejarah, tetapi juga sebagai momentum untuk memperkuat komitmen dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai penegak hukum.

Melalui peringatan ini, diharapkan Polri dapat terus meningkatkan profesionalisme, integritas, dan pelayanan kepada masyarakat.

Rangkaian Kegiatan HUT Bhayangkara

Setiap tahunnya, HUT Bhayangkara dirayakan dengan berbagai kegiatan seperti upacara, penghargaan kepada anggota yang berprestasi, serta kegiatan sosial yang melibatkan masyarakat.

Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan Polri dengan masyarakat serta memperkuat sinergi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat.

Sejarah HUT Bhayangkara merupakan bagian penting dari perjalanan Polri dalam memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat.

Melalui peringatan ini, diharapkan Polri dapat terus berkomitmen untuk menjalankan tugasnya dengan profesionalisme dan integritas tinggi, serta menjalin kerjasama yang baik dengan seluruh elemen masyarakat.

Baca artikel lain tentang Kapolres Batu Gelar Upacara dan Tasyakuran Peringati HUT Bhayangkara ke-78 di laman Sekilasmalang.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *