Akreditasi GP Ansor

Kegiatan Akreditasi GP Ansor

Berita1156 Dilihat
banner 468x60

Akreditasi 300 Lebih Pengurus Ranting, Nur Ridwan: Jangan Jadikan Beban Organisasi

Kalipare, Malang – Tim Akreditasi PC Ansor Kabupaten Malang melaksanakan pendampingan perdana kepada PAC GP Ansor Kecamatan Kalipare pada Rabu (5/6/2024). Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor rutin mengadakan kegiatan ini setiap 1,5 tahun untuk PAC GP Ansor se Jawa Timur, dengan bantuan pengurus cabang melalui Bidang Akreditasi.

Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor mengakreditasi Pimpinan Ranting (PR) GP Ansor setiap tahun. Wakil Ketua Bidang Akreditasi dan Pengawasan Internal GP Ansor Kabupaten Malang, Nur Ridwan, memimpin langsung pelaksanaan kegiatan perdana ini.

banner 336x280

Ridwan menjelaskan bahwa akreditasi adalah kewajiban dan upaya kontrol serta monitoring oleh Pimpinan Pusat GP Ansor untuk memastikan tata kelola organisasi berjalan dengan baik. “Di dalam organisasi GP Ansor memang ada kontrol bagaimana sistem organisasi ini berjalan, apakah itu Kebanserannya, Rijalul Ansornya, secara organisatoris SK-nya masih aktif atau tidak, pengabdian GP Ansor kepada masyarakat ada atau tidak,” jelasnya.

Ridwan menambahkan bahwa tim akreditasi mengukur seluruh aspek tersebut menggunakan beberapa instrumen yang telah disiapkan. Dengan demikian, tim dapat memberikan skor yang tepat berdasarkan temuan di lapangan. “Ini yang akan menentukan nilai akreditasi A, B, atau C bahkan mungkin D,” tegas Ridwan.

Akreditasi bertujuan untuk menentukan tingkat kelayakan pimpinan di setiap tingkat dalam menyelenggarakan kegiatan. Hal ini termasuk menilai kinerja pimpinan dalam menjalankan kewajiban maupun tanggung jawab organisasi masing-masing.

Ridwan menjelaskan bahwa tim akan melakukan pendampingan akreditasi sepanjang tahun kepada PAC maupun Ranting. “Dengan meningkatkan kemampuan dan kecakapan administrasi serta pembuatan laporan, dokumentasi, dan publikasi,” terang pemuda yang juga merupakan pelatih beladiri ini.

Ridwan juga menegaskan agar anggota tidak memandang akreditasi sebagai beban. “Justru menjadi panduan dalam menjalankan amanat organisasi dan meningkatkan kinerja serta prestasi menjadi lebih baik,” tukasnya.

Sebagai informasi, PC GP Ansor Kabupaten Malang menaungi 33 Pimpinan Anak Cabang dengan lebih dari 300 pimpinan ranting.

Untuk berita lebih lanjut dan pembaruan terkini, kunjungi [sekilasmalang.com](https://sekilasmalang.com).

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *