21 Daftar makanan khas Malang yang lezat dan wajib dicoba

Kuliner Lezat Khas Malang

Kuliner97 Dilihat
banner 468x60

Berikut adalah beberapa 21 Daftar makanan khas Malang yang lezat dan wajib dicoba:

1. Bakso Malang

banner 336x280

Bakso khas Malang memiliki cita rasa kaldu yang unik, tekstur bakso, serta ragam isian yang berbeda dengan bakso-bakso daerah lainnya[1].

2. Nasi Pecel

Nasi pecel adalah kombinasi nasi yang dilengkapi dengan sayuran rebus, rempeyek, dan bumbu kacang. Salah satu nasi pecel yang terkenal dan legendaris di Malang adalah Pecel Kawi 1975.

3. Sego Goreng Mawut

Sego goreng mawut adalah makanan khas Malang yang unik, yakni menggabungkan nasi dan mi dalam sajiannya. Rasa sego goreng mawut lebih kaya akan rempah sebagai ciri khas masakan Jawa Timur yakni rasa asin pedas.

4. Rawon

Rawon adalah makanan khas Jawa Timur dengan ciri khasnya memiliki warna cokelat kehitaman. Kuah rawon yang pekat berasal dari bumbu-bumbu dan keluak.

5. Cwie Mie

Cwie mie adalah mi tipis yang dibumbui dengan minyak ayam dan disajikan sederhana bersama daging ayam cincang, sawi rebus, bawang goreng, acar mentimun rawit, irisan daun bawang, dan kerupuk pangsit.

6. Tahu Lontong “Lonceng”

Tahu lontong diberi isian tahu, lalu dimasak dengan telur kemudian disajikan bersama kecambah, lontong, dan kerupuk. Sajian ini lalu disiram bumbu kacang-petis yang menggoyang lidah.

7. Pos Ketan Legenda

Pos Ketan Legenda merupakan makanan khas Malang tepatnya di daerah Batu. Makanan ini dibuat dari olahan beras ketan dan sudah ada sejak tahun 1967.

8. Apel Malang

Malang dikenal dengan produksi apel lokalnya. Rasa apel khas Malang cenderung asam dan segar ketika dipetik dari pohonnya. Tapi, saat dibiarkan selama 3-4 hari akan jadi lebih manis dan aromanya harum.

9. Sari Apel

Sari apel dibuat dari jenis apel romebeauty dan apel manalagi. Sari apel ini punya rasa manis dengan perpaduan asam khas apel Malang.

10. Orem-orem Tempe

Orem-orem tempe adalah tempe yang dimasak dengan santan, bumbu halus, dan ayam. Bahan utama dari kuliner ini adalah tempe yang dimasak dengan cara digoreng.

11. Menjes Goreng

Menjes goreng adalah tempe gembus yang dimasak dengan cara digoreng. Lapisan tepung menjes goreng biasanya dicampur dengan irisan daun bawang agar lebih nikmat.

12. Puthu Lanang

Puthu Lanang adalah jajanan tradisional legendaris yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan parutan kelapa[5].

13. Lapis Malang

Lapis Malang adalah makanan khas Malang yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan parutan kelapa. Lapis Malang biasanya disajikan dengan berbagai topping seperti kacang, kubis, dan daun bawang.

14. Pia Mangkok Ma

Pia Mangkok Ma adalah makanan khas Malang yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan parutan kelapa. Pia Mangkok Ma biasanya disajikan dengan berbagai topping seperti kacang, kubis, dan daun bawang[5].

15. Madu Klanceng

Madu Klanceng adalah makanan khas Malang yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan parutan kelapa. Madu Klanceng biasanya disajikan dengan berbagai topping seperti kacang, kubis, dan daun bawang.

16. Malang Strudel

Malang Strudel adalah makanan khas Malang yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan parutan kelapa. Malang Strudel biasanya disajikan dengan berbagai topping seperti kacang, kubis, dan daun bawang.

17. Keripik Buah

Keripik Buah adalah makanan khas Malang yang terbuat dari buah-buah segar. Keripik Buah biasanya disajikan dengan berbagai topping seperti kacang, kubis, dan daun bawang.

18. Soto Geprak

Soto Geprak adalah makanan khas Malang yang menghidangkan potongan rangka tulang lutut dengan potongan daging lainnya. Kuah dari rawon ini biasanya cenderung cokelat kemerahan.

19. Cenil

Cenil adalah makanan khas malang yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan parutan kelapa. Cenil biasanya disajikan dengan berbagai topping seperti kacang, kubis, dan daun bawang.

20. Lupis

Lupis adalah makanan khas Malang yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan parutan kelapa. Lupis biasanya disajikan dengan berbagai topping seperti kacang, kubis, dan daun bawang.

21. Klepon

Klepon adalah makanan khas Malang yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan parutan kelapa. Klepon biasanya disajikan dengan berbagai topping seperti kacang, kubis, dan daun bawang.

21 Daftar makanan khas Malang yang lezat dan wajib dicoba dirangkai dari berbagai Sumber.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *