Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur

perjalanan-surabaya-ke-gunung-bromo

Wisata69 Dilihat

bromo aesthetic view

Taman Nasional Bromo Tengger atau Gunung Bromo, yang terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, adalah salah satu destinasi wisata paling terkenal di Indonesia. Keindahan alamnya yang menakjubkan dan lanskap vulkanik yang unik menarik wisatawan dari seluruh penjuru dunia.

Perjalanan dari Surabaya ke Gunung Bromo melalui Probolinggo menawarkan pengalaman yang tak terlupakan dengan pemandangan spektakuler di sepanjang jalan.

1. Persiapan Awal

Sebelum memulai perjalanan ke Gunung Bromo, Anda perlu melakukan persiapan matang. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik, bawa perlengkapan pendakian yang sesuai, dan persiapkan fisik serta mental untuk menghadapi medan yang menantang.

2. Rute Perjalanan dari Surabaya ke Gunung Bromo

Perjalanan dari Surabaya ke Gunung Bromo umumnya dimulai dengan mengendarai kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum menuju Probolinggo. Berikut adalah rute yang dapat Anda tempuh:

a. Dari Surabaya ke Probolinggo

Jarak antara Surabaya dan Probolinggo sekitar 100 kilometer, dapat ditempuh dalam waktu 2 hingga 3 jam dengan kendaraan pribadi. Anda bisa mengikuti jalur tol Surabaya-Gempol, kemudian dilanjutkan dengan tol Pasuruan-Probolinggo. Alternatif lainnya, gunakan bus atau kereta api dari Surabaya menuju Probolinggo. Biaya tiket bus berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000, sementara tiket kereta api mulai dari Rp 70.000 hingga Rp 150.000, tergantung kelas yang dipilih.

b. Dari Probolinggo ke Cemoro Lawang

Setelah tiba di Probolinggo, lanjutkan perjalanan menuju Desa Cemoro Lawang, pintu gerbang utama menuju Gunung Bromo. Jarak dari Probolinggo ke Cemoro Lawang sekitar 40 kilometer, ditempuh dalam waktu 1 hingga 1,5 jam dengan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa transportasi lokal seperti jeep atau ojek. Biaya sewa jeep dari Probolinggo ke Cemoro Lawang berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 700.000, tergantung pada jumlah penumpang dan negosiasi harga.

3. Menikmati Keindahan Gunung Bromo

Setibanya di Cemoro Lawang, Anda bisa menginap di salah satu penginapan sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak Bromo pada dini hari untuk menikmati matahari terbit. Berikut beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Gunung Bromo:

a. Menyaksikan Matahari Terbit di Penanjakan

Penanjakan adalah titik tertinggi di sekitar Gunung Bromo yang menawarkan pemandangan matahari terbit spektakuler. Untuk mencapai Penanjakan, Anda bisa menyewa jeep dengan biaya sekitar Rp 200.000 hingga Rp 300.000 per orang. Perjalanan dimulai sekitar pukul 03.00 pagi untuk memastikan Anda tiba sebelum matahari terbit.

b. Mengunjungi Kawah Bromo

Setelah menikmati matahari terbit, lanjutkan perjalanan menuju kawah Gunung Bromo. Anda bisa berjalan kaki atau menyewa kuda dengan biaya sekitar Rp 100.000 hingga Rp 150.000 untuk mencapai bibir kawah. Perjalanan ini memerlukan stamina yang baik karena medan yang cukup menantang dan berdebu.

c. Menjelajahi Pasir Berbisik dan Bukit Teletubbies

Pasir Berbisik adalah hamparan pasir vulkanik yang luas dan sering menghasilkan suara seperti bisikan ketika angin bertiup. Di dekatnya, terdapat Bukit Teletubbies yang menawarkan pemandangan perbukitan hijau menyerupai setting acara anak-anak “Teletubbies”. Kedua lokasi ini dapat dijangkau dengan jeep atau berjalan kaki.

4. Biaya dan Rincian Perjalanan

Untuk memberikan gambaran lebih jelas tentang biaya perjalanan dari Surabaya ke Gunung Bromo via Probolinggo, berikut adalah rincian estimasi biaya yang perlu Anda siapkan:

a. Transportasi:

  • Bus atau Kereta Api dari Surabaya ke Probolinggo: Rp 70.000 – Rp 150.000 per orang (PP: Rp 140.000 – Rp 300.000)
  • Sewa Jeep dari Probolinggo ke Cemoro Lawang: Rp 500.000 – Rp 700.000 (dibagi per penumpang, jika berkelompok)
  • Sewa Jeep dari Cemoro Lawang ke Penanjakan: Rp 200.000 – Rp 300.000 per orang
  • Sewa Kuda di Kawah Bromo: Rp 100.000 – Rp 150.000 per orang

b. Penginapan:

  • Penginapan di Cemoro Lawang: Rp 200.000 – Rp 500.000 per malam, tergantung fasilitas dan musim kunjungan

c. Tiket Masuk:

  • Tiket masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru: Rp 220.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 320.000 untuk wisatawan asing (weekend)

d. Makan dan Minum:

  • Biaya makan dan minum di sekitar Cemoro Lawang: Rp 50.000 – Rp 100.000 per orang per hari

Estimasi Total Biaya:

  • Total biaya per orang untuk perjalanan 2 hari 1 malam: Rp 1.360.000 – Rp 2.500.000 (tergantung pilihan transportasi, penginapan, dan jumlah peserta dalam grup)

5. Tips Perjalanan ke Gunung Bromo

Untuk memastikan perjalanan Anda ke Gunung Bromo berjalan lancar, berikut beberapa tips yang dapat membantu:

  • Persiapan Fisik: Pastikan Anda dalam kondisi fisik yang baik karena medan di Bromo cukup menantang.
  • Pakaian dan Perlengkapan: Bawa pakaian hangat, masker, kacamata, dan sepatu yang nyaman. Suhu di Bromo bisa sangat dingin, terutama di pagi hari.
  • Waktu Kunjungan: Waktu terbaik untuk mengunjungi Bromo adalah pada musim kemarau (April – Oktober) untuk menghindari hujan dan mendapatkan pemandangan terbaik.
  • Negosiasi Harga: Jangan ragu untuk menawar harga sewa jeep atau kuda untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Kesimpulan

Perjalanan dari Surabaya ke Gunung Bromo via Probolinggo menawarkan pengalaman wisata luar biasa dengan pemandangan alam yang menakjubkan dan aktivitas seru di sekitar kawasan Gunung Bromo. Meskipun membutuhkan persiapan dan biaya yang tidak sedikit, pengalaman yang Anda dapatkan akan sebanding dengan usaha dan pengeluaran yang dikeluarkan. Jadi, siapkan rencana perjalanan Anda dan nikmati keindahan alam Gunung Bromo yang memukau. untuk pemesanan online ke bromo bisa kalian klik disini ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *