Jumat, 3 Februari 2023
spot_img

Yuk! Ketahui Manfaat Menabung dan Investasi

Sekilasmalang.com, Ekonomi – Yuk! Ketahui Manfaat Menabung dan Investasi.

Investasi adalah salah satu faktor strategis dan juga kegiatan yang ada di dalam perekonomian. Investasi juga biasa disebut dengan penanaman modal.
Investor, sebagai seorang pelaku investasi pastinya mengharapkan modal yang ia tanam menjadi bertumbuh dan berlipat serta pastinya mendapatkan keuntungan.


Keuntungan yang diinginkan bisa dalam bentuk uang, emas, bangunan, dan berbagai jenis materi lainnya. Investasi juga diharapkan bisa menjadi tabungan jangka panjang yang memberi keuntungan yang berbeda dari pola menabung pada biasanya.


Uang atau modal yang ditanam ini akan bertumbuh dan bekerja dengan sendirinya sesuai dengan kondisi pasar. Jadi, keuntungan investor salah satunya adalah hal ini. Orang menjadi tak perlu bersusah payah untuk bekerja, melainkan uang tersebut yang akan berkembang tapi pastinya kembali sesuai dengan kondisi pasar lho,ya.


Berikut, beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila kamu telah memiliki tabungan dan menjadi seorang investor.

Mencapai Financial Freedom

Yuk! Ketahui Manfaat Menabung dan Investasi
Foto : Yuk! Ketahui Manfaat Menabung dan Investasi, Pexels.



Pastinya semua orang mengharapkan financial freedom. Financial Freedom adalah kondisi dimana seseorang sudah bebas secara materi. Dimana kondisi ini terjadi dengan orang tersebut yang sudah tak mengkhawatirkan masalah finansial atau masalah keuangannya. Orang yang sudah mencapai di titik financial freedom ini tak usah mengkhawatirkan kodisi finansialnya dan punya pikiran yang bebas menentukan apa saja barang yang ingin dia beli.

Kebebasan finansial ini bisa dimiliki ketika kita memiliki cukup tabungan dan uang tunai yang bisa kita gunakan sebagai modal penghidupan dalam jangka waktu yang lama.

Freedom Financial ini pastinya diinginkan oleh setiap orang. Tapi mencapai hal tersebut pastinya bukan sesuatu hal yang mudah. Saat orang ingin mencoba mencapai hal tersebut bisa gagal apabila mereka memiliki cara yang salah.

Alih-alih mencapai kebebasan finansial, seseorang yang mengambil cara yang salah malah bisa terbebani dengan terbelit hutang. Maka, dengan investasi ini seseorang diharapkan bisa mengelola keuangannya dengan baik, dan juga bisa menjadi tabungan jangka panjang.

Tabungan Masa Tua




Hampir sama dengan menabung, investasi ini juga bisa menjadi tabungan masa tua kamu. Seseorang pasti tidak bisa bekerja dan menghasilkan uang seumur hidup mereka. Seseorang hanya bisa bekerja saat di masa muda atau pada usia produktif mereka. Saat mereka telah menua dan tak bisa mendapatkan uang atau penghasilan, hal tersebut bukan hal yang mengenakkan, bukan?

Dengan investasi ini, seorang investor bisa lebih mempersiapkan kondisi finansialnya di masa tua. Dengan ini juga, harapannya adalah kamu dapat mempersiapkan dana pensiun agar di masa tua nanti semua kebutuhan kamu dapat terpenuhi. 

Mengamankan Kekayaan Dari Inflasi
Tujuan inflasi sebenarnya beragam, ada yang ingin mempersiapkan hari tua, mempersiapkan pernikahan, atau juga sebagai persiapan masa depan anak.

Tapi sejatinya, investasi ini bertujuan untuk mengamankan kekayaan. Kekayaan ini bisa juga diamankan dari inflasi. Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus. Kenaikan harga barang secara terus menerus juga bisa menyebabkan nilai mata uang tergerus dan menjadi semakin naik.

Dengan investasi ini, uang yang kamu investasikan bisa aman dan terhindar dari inflasi. Uang kamu juga bisa ikut naik, apabila inflasi ini terjadi.

Memupuk Sifat Tanggung Jawab




Tanggung Jawab adalah hal yang harus kamu miliki ketika kamu sedang berinvestasi. Kamu sebagi seorang investor harus memiliki rasa tanggung jawab akan keputusan yang kamu ambil. Kamu harus punya rasa bertanggung jawab pula apabila dalam usaha investasi kamu ini terdapat kerugian atau terdapat penurunan harga pasar.

Mendapatkan Efek Compounding

Yuk! Ketahui Manfaat Menabung dan Investasi
Foto: Yuk! Ketahui Manfaat Menabung dan Investasi, Pexels.




Secara umum, pengertian compounding adalah kemampuan menghasilkan keuntungan dari keuntungan sebelumnya. Arti lainnya yakni pendapatan yang dihasilkan sebuah aset kemudian diinvestasikan kembali agar bisa memberikan pendapatan baru.

Seorang investor biasanya sangat mengharapkan terkena efek compounding ini. Terkadang, hal ini sering disepelekan karena nilai penambahan keuntungan yang kecil. Akan tetapi, dari hal yang kecil itulah sedikit demi sedikit akan terkumpul menjadi bukit keuntungan yang besar apabila kita konsisten.

Misalkan, kamu membeli sebuah rokok Rp. 20.000 setiap hari selama 30 tahun. Uang yang kamu keluarkan selama sebulan adalah Rp. 600.000. Jadi, uang yang kamu keluarkan untuk setahun merokok adalah Rp. 7.200.000. Bayangkan jika kamu merokok selama 30 tahun adalah Rp. 7.200.000 diakumulasikan dengan 30 yakni Rp.216.000.000. Artinya, kamu mengeluarkan biaya Rp. 216.000.000 hanya untuk asap rokok yang tak ada gunanya. Namun, itupun belum termasuk apabila terjadi inflasi atau kenaikan harga dan lainnya.

Itu tadi Manfaat Menabung dan Investasi, simak ulasan menarik lainnya hanya di sekilasmalang.com.

Yuk Klik! langganan artikel dan berita Sekilasmalang.com melalui email redaksi go.sekilasmalang@gmail.com atau via WhatsApp 0881026089568

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,695PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles