Jumat, 25 November 2022
spot_img

Yayasan SAYAB Agendakan Katrol Life Skill Yatim Agar Produktif dan Mandiri

Sekilasmalang.com, SosialYayasan SAYAB Agendakan Katrol Life Skill Yatim Agar Produktif dan Mandiri.

Santunan yang paling berarti bagi anak yatim adalah berbentuk pendidikan, pembinaan mental, Life Skill dan karakter sebagai bekal dalam menjalani kehidupan.

Hal ini dikatakan Wakil Ketua SAYAB, Luky Nuraini Rosyidah, Rabu (29/12/2021) dalam pemaparan agenda lanjutan terdekat di 2022.

“Kami sudah merencanakan untuk mendekati beberapa Dinas terkait maupun perusahaan swasta, jika memungkinkan Kami berencana mengusulkan program CSR kepada perusahaan swasta yang sekiranya bisa memberi manfaat positif untuk adik-adik yatim. Seperti mengikutsertakan dalam beberapa program pelatihan dan magang kerja, sehingga mereka bisa lebih produktif dan mandiri. Karena Kami menyadari, bahwa santunan yang paling berarti bagi anak yatim adalah berbentuk pendidikan. Dan sebenarnya kebutuhan anak yatim tidak hanya dari segi materi semata, perlu ada pembinaan mental, Life Skill dan karakter sebagai bekal dalam menjalani kehidupan,” tegas Wakil Ketua SAYAB, Luky Nuraini Rosyidah, Rabu (29/12/2021).

Sekilas info, guna membentuk insan produktif dan mandiri, Yayasan Santunan Anak Yatim Keluarga Besar Aparatur Sipil Negara Provinsi Jawa Timur berencana meningkatkan Life Skill, adik-adik yatim piatu dengan perluasan donasi.

Ia mengatakan, sasaran donasi sebenarnya ditujukan untuk semua kalangan, siapapun itu baik ASN maupun non ASN. Karena pemberian donasi merupakan kegiatan berbagi yang sifatnya sukarela, dan merupakan sebuah panggilan hati yang tidak bisa dipaksakan. Sampai dengan saat ini pihaknya sudah memiliki donatur diluar ASN.

Sementara itu, Sekretaris Umum SAYAB, Lukman Abiyoso, mengatakan, jumlah donatur saat ini meningkat.

“Jumlah donatur meningkat, tetapi Kami belum mendokumentasikan dengan baik terkait jumlah donatur setiap bulan. Hal ini menjadi masukan bagi Kami untuk mendokumentasikan tidak hanya jumlah donasinya tetapi juga jumlah donatur, dengan catatan yang dapat didokumentasikan adalah yang bersedia masuk grup WA donatur.
Perlu diketahui bahwa donatur di SAYAB ASN ini ada yang berkenan ikut grup WA dan ada yang tidak yang mana Kami biasa menyebut simpatisan,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum SAYAB, Danar Andriyanto mengatakan program santunan ini tidak sekedar berbagi rupiah melainkan untuk sambung silaturahmi antara keluarga pegawai khususnya yatim, sebagai ungkapan terima kasih atas jasa pegawai sekaligus melaksanakan sunah Nabi untuk menyayangi anak yatim.

“Penyebab naik turun jumlah donatur dikarenakan adanya jumlah anak yatim yang terus menerus bertambah, Apalagi sejak masa pandemi Covid-19, jumlah anak yatim meningkat sangat drastis. Jumlah Donatur memang bertambah, tapi peningkatannya tidak sebanding dengan jumlah anak yatim yang terdata. Penyebab lain kerena donasi ini bersifat sukarela, yang artinya tidak ada paksaan untuk jumlah sumbangan kepada donatur. Tergantung kondisi keuangan masing-masing donatur,” terang Ketua Umum SAYAB Danar Andriyanto.

“Saat ini Alhamdulillah Kami sudah memiliki donatur diluar ASN, Harapan Kami jumlah donatur bisa semakin bertambah setelah mengetahui keberadaan yayasan Kami. Karena Yayasan ini adalah Yayasan Nirlaba yang dibentuk dengan tujuan untuk berbagi dan tidak ada unsur bisnis apapun. Semua bersifat terbuka dan transparan, sehingga semua pihak bisa mengetahui pasang surut jumlah donasi yang terkumpul, jumlah yang dibagikan kepada adik binaan, bahkan sisa saldonya bisa diketahui bersama,” pungkasnya. (*)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,588PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles