Kamis, 24 November 2022
spot_img

Tips Lancarkan Haid Dengan Cara Alami

Sekilasmalang.com, Kesehatan – Tips Lancarkan Haid Dengan Cara Alami.

Penting diketahui, umumnya siklus menstruasi pada perempuan terjadi antara 21 sampai dengan 35 hari. Namun, dalam beberapa kasus ada pula yang mengalami keterlambatan lebih dari waktu pada umumnya.

Sejumlah artikel yang dikutip dari pernyataan beberapa ahli menyebutkan, salah satu cara memperlancar siklus menstruasi adalah dengan pola hidup sehat yakni mengkonsumsi sayur dan buah buahan serta istirahat teratur.

Cara mengenali keterlambatan Haid

Untuk mengetahui keterlambatan siklus haid, anda bisa mulai membuat kalender menstruasi. Lingkari tanggal berapa anda menstruasi di tiap bulannya. Jika tiap bulannya berubah, maka dapat dipastikan anda mengalami keterlambatan siklus menstruasi.

Berikut kami rangkum 16 Tips Lancarkan Haid Dengan Cara Alami

Perbanyak Konsumsi Buah Nanas

Enzim Bromelain dalam tiap buah nanas bisa mempengaruhi hormon estrogen serta beberapa hormon lainnya. Selain itu, sebuah penelitian menemukan enzim Bromelain juga mampu mengatasi peradangan. Hal itu seperti dilansir dari healthline.com.

Sehingga, mengonsumsi buah nanas bisa membantu memperlancar siklus haid pada perempuan.

Foto : Istimewa, Sekilas Malang.

Perbanyak mengkonsumsi Jahe

Di Indonesia, tanaman jahe sangat mudah ditemukan. Tanaman ini banyak dibudidayakan sebagai tanaman obat keluarga.

Namun, tahukah anda bahwa jahe juga bisa membantu memperlancar siklus haid pada perempuan. Jahe dipercaya mampu menginduksi serta menyebabkan kontraksi rahim. Fakta medis ini masih belum dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, belum ada penelitian terkait manfaat jahe untuk memperlancar siklus haid.

Beberapa praktisi kesehatan herbal, menggunakan jahe sebagai penunjang kelancaran siklus haid. Umumnya, jahe diseduh atau direbus dalam air hangat kemudian dikonsumsi secara rutin.

Foto : Jahe, Istimewa.

Perbanyak Konsumsi Kandungan Vitamin D

Vitamin D terbukti secara ilmiah mampu dan dibutuhkan untuk mengatur ovulasi secara teratur. Kandungan Vitamin D banyak digunakan sebagai nutrisi untuk penyerapan kalsium dalam usus dan baik untuk kesehatan tulang. Ternyata vitamin D juga bermanfaat untuk melancarkan haid.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Reproductive Biology and Endocrinology, menemukan penyebab haid tidak teratur karena kurangnya vitamin D.

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,590PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles