Jumat, 3 Februari 2023
spot_img

Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan

Sekilasmalang.com, Serba serbi – Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan

Lebaran Idul Fitri telah usai waktunya pulang dan menjalankan aktivitas dan rutinitas seperti biasanya. Bagi kalian yang mudik di lebaran tahun ini, gimana mudiknya? Pasti senang ya, bisa berkumpul bersama keluarga tercinta di momen spesial ini.

Tapi, tahukah kamu, kalau istimewanya mudik tak hanya dengan momen berkumpulnya saja lho. Menikmati indahnya panorama selama di perjalanan juga jadi poin plus. Tapi, masih banyak orang yang tak bisa menikmati keindahan panorama yang disajikan selama perjalanan mudik.

Salah satu penyebabnya adalah karena mengalami mabuk perjalanan. Rugi sekali bukan, jika kamu tidak bisa menikmati perjalanan? Padahal mudik belum tentu bisa setahun sekali dilaksanakan. Tapi perjalanan sudah terganggu oleh mabuk.

Nah, berikut beberapa tips meredakan mabuk perjalanan!

Cari Waktu Perjalanan yang Tepat


Saat orang mengalami gangguan mabuk perjalanan, seseorang tersebut cenderung tak nyaman. Agar meminimalisir rasa ketidaknyamanan tersebut, kamu bisa cari waktu perjalanan yang tepat.

Fungsinya adalah, kamu bisa menghindari macet agar rasa ketidaknyamanan kamu lebih ringan dan tidak semakin menyiksa karena ada gangguan dari kemacetan itu.

Coba ambil waktu perjalanan di malam Hari

Di waktu tersebut, tak banyak kendaraan yang melintas. Kamu juga tak usah bergelung dengan panas terik matahari yang bisa melipatgandakan mabuk perjalanan kamu.

Tak Usah Bermain Ponsel


Sinar yang berasal dari ponsel dapat membuat kamu lebih cepat mengalami pusing. Saat kamu mencoba menyeimbangkan posisi dudukmu saat ada guncangan di perjalanan, sedangkan matamu mencoba fokus kepada satu titik, disitu lah rasa mual dan pusing melanda diri kamu.

Hindari kegiatan bermain ponsel ataupun melihat video serta membaca saat perjalanan. Coba seimbangkan tubuhmu dengan matamu. Seperti melihat pemandangan di luar, dan mengalihkan perhatianmu seperti bernyanyi ataupun mengobrol.

Makan Camilan


Kamu juga bisa mengalihkan perhatianmu saat pusing dengan makan camilan, untuk camilan usahakan jangan makan camilan yang berat dan manis seperti susu, roti, donat dan lainnya. Karena makanan dengan rasa manis tersebut dapat memicu mual pada perut kamu.

Kamu bisa makan snack atau makanan ringan seperti keripik dan sebangsanya.

Siapkan Permen


Jika kamu tipe orang yang sering mabuk saat perjalanan, membawa permen saat melakukan perjalanan sudah seperti hal yang wajib kamu lakukan.

Mengonsumsi beberapa permen bisa mengobati rasa mual saat mabuk perjalanan menghampiri kamu. Kamu bisa menyediakan permen dengan aneka rasa.

Jika kamu ingin permen yang sangat work it untuk mengobati rasa mabuk perjalananmu, kamu bisa mengonsumsi permen dengan rasa jahe. Cita rasa dari jahe ini bisa membantu untuk merelaksasi kamu agar menghindari mual saat mabuk perjalanan.

Kamu juga bisa varian rasa yang menyegarkan seperti rasa mint dan rasa buah-buahan. Atau untuk kamu yang terbiasa meminum kopi, kamu juga bisa mengonsumsi permen kopi saat berada di perjalanan.

Bawa Pengharum


Agar mabuk perjalananmu teralihkan, kamu juga bisa membawa pengharum yang membatu untuk merelaksasi pikiran kamu.

Jika kamu berkendara dengan mobil, kamu bisa pasang pengharum ruangan atau pengharum khusus mobil di mobil kamu.

Kamu bisa ambil pengharum ruangan dengan wangi yang kamu sukai. Kamu bisa ambil bau yang segar seperti wangi buah, ataupun wangi yang menenangkan seperti wangi lavender.

Kamu juga bisa membawa minyak kayu putih yang bisa kamu bawa kemana-mana nih, sahabat.

Makan yang Cukup

Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan
Gambar : Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan, Istimewa.


Sebelum memulai perjalanan, usahakan untuk mengisi tenaga kamu dengan makan. Tapi, mimin anjurkan untuk tidak makan dalam porsi yang banyak atau dengan porsi yang cukup. Khawatirnya, apabila kamu terlalu kenyang, makanan yang kamu makan sebelumnya akan naik kembali dan dikeluarkan kembali oleh tubuh kamu.

Minum Obat


Sebagai alternatif terakhir apabila saran-saran mimin di atas masih membuat kamu mabuk, kamu bisa minum beberapa obat pereda mual atau pusing saat mabuk perjalanan.

Minum obat anti mabuk ini sekitar 20 hingga 10 menit sebelum kamu memulai perjalanan. Saat kamu minum obat anti mabuk ini, kamu akan mengantuk dan tertidur selama perjalanan. Saat kamu tertidur, kamu tak akan merasakan mual.

Tapi, ingatlah juga untuk meminum obat dengan dosis yang sudah ada. Jangan minum obat ini melebihi anjuran yang telah ditetapkan.

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,694PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles