Tahun Ini, GMNI Carateker Unira Malang Ikut Sambut Maba

Sekilasmalang.com, Kabupaten Malang – Tahun ini, GMNI Carateker Unira Malang ikut sambut maba.

Musim Mahasiswa Baru (maba) telah tiba. Di Unira Malang sekitar 500 mahasiswa baru telah resmi menjadi bagian kampus yang terletak di gerbang Ibukota Kabupaten Malang ini.

Sejak Sabtu (14/9) kemarin, ritual penyambutan maba digelar ditandai dengan upacara pembukaan PKKMB Unira Malang.

Hari ini, Gerakan Mahasiswa Nasionalis Indonesia (GMNI) Carateker Unira Malang, Ikut Ramaikan Sambut Maba UNIRA Malang, Rabu (18/9), sore.

Dalam momen ini, diisi dengan agenda bagi-bagi brosur, yang dihadiri oleh Dewan Perwakilan Komisariat DPK GmnI Al-Qolam dan Beberapa Pengurus DPC GmnI Malang Raya.

Ketua GMNI Unira mengatakan sebagai organisasi yang mengedepankan kebersamaan dan keberagaman menjadi satu dan melebur dalam Gerakan mahasiswa nasional Indonesia (GmnI) dengan tujuannya menjaga negara kesatuan repubuklik indonesia (NKRI).

Selain itu, kata Ali, Penyambutan ini bukan sekedar penyambutan biasa. “Ada poin penting yang ingin kita sampaikan terkait tanggungjawab sosial mahasiswa,” terangnya.

“Sadar akan perannya sebagai agent of change, agent of control, untuk kemajuan dan kesatuan Indonesia,” tukas Ali.

Sejalan, menurut Rudi yang merupakan Ketua Kaderisasi Dewan Pengurus Cabang (DPC) GmnI Malang Raya, acara sambut maba ini tidak hanya bertujuan sebagai ajang mengucapkan selamat datang semata. Rudi menambahkan, sikap apatis (baca : tidak mau tahu) menjadi musuh besar yang harus dilawan mahasiswa.

Foto : Rudi, Ketua Bidang Kaderisasi DPC GMNI Malang Raya

Apalagi, lanjut Rudi, akan berbahaya jika mahasiswa sudah acuh terhadap persoalan sosial.

“Mahasiswa jangan sampai Apatis terhadap permasalahan sekitar,” tegas pemuda alumni salah satu ponpes terbesar di Malang selatan ini.

Terakhir, Rudi berpesan, agar mahasiswa juga mampu menyeimbangkan wilayah akademik dan dunia aktifisme. Menurut Rudi, banyak kasus mahasiswa lupa tugasnya untuk belajar.

“Nanti jika berorganisasi, harus tetap menjaga nilai akademik, agar seimbang,” tutupnya.

Perlu diketahui, Careteker sendiri merupakan istilah yang merujuk pada pengertian “sementara,” artinya dalam hal ini GMNI Careteker merupakan tim sementara bentukan Dewan Pengurus Cabang (DPC) GMNI. Tugasnya membantu kinerja DPC dalam upaya pembentukan Pengurus tingkat komisariat di Unira Malang. (kaf/sbl)

Exit mobile version