Sosial

Kunjungan TPID Sumberpucung ke Pagak Tukar Pengetahuan Tentang Inovasi Desa

Sekilasmalang.com, Kabupaten Malang – Kunjungan TPID Sumberpucung ke Pagak Tukar Pengetahuan Tentang Inovasi Desa.

Kegiatan Replikasi Inovasi Desa merupakan bagian tahapan dari Program Inovasi Desa Tahun 2019 yang di luncurkan oleh Kemendes PDTT.

Replikasi ini di selenggarakan untuk pertukaran pengetahuan dan menemukan pengalaman terkait Inovasi antar Desa di Kabupaten Malang.

Dalam kesempatan ini, Pelaksanaan Replikasi dari Desa Karangkates dan Desa Ternyang Kecamatan Sumberpucung berkunjung ke Kecamatan Pagak, pada Kamis (31/10).

Foto Kegiatan

Kunjungan yang pertama ke Desa Sumberkerto Kecamatan Pagak untuk mereplikasi pembuatan Batik Ecoprint yang proses pembuatanya berbasis ramah lingkungan dengan bahan – bahan yang diambil dari hasil Perkebunan di Sumberkerto.

Kemudian kunjungan replikasi yang kedua dari Desa Ternyang Kecamatan Sumberpucung ke Desa Pandanrejo Kecamatan Pagak untuk mereplikasi tata kelola Wisata Desa Lembah Bidadari yang merupakan murni pengelolaanya oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) dan Masyarakat Desa Pandanrejo, dalam hal ini wisata Desa lembah bidadari di support melalui swadaya masyarakat Desa dan Dana Desa dengan harapan jangka panjangnya bisa mengangkat kesejahteraan warga masyarakat Desa Pandanrejo.

Sementara, Abdul Basyit selaku Pendamping Desa menjelaskan bahwa program Ini dapat dijadikan sebagai ajang bagi Desa untuk saling memotivasi dalam peningkatan dan penguatan kualiatas Sumber Daya Manusia.

Lebih lanjut, masih menurut Basit, agar Desa lebih inovatif dalam pengelolaan Dana Desa supaya efektif dan tepat sasaran.

” Supaya tidak ada yang gagap terkait pengelolaan Dana Desa,” tutupnya.

Hadir dalam Replikasi Inovasi Desa tersebut TPID Kecamatan Sumberpucung dan TPID Kecamatan Pagak serta perwakilan Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan di Sumberpucung dan Kecamatan Pagak. (red/lkm)

Comment here