Sosial

Konser Jariyah Banyu, Langkah Gusdurian Atasi Krisis Air Malang Selatan

Sekilasmalang.com, Kabupaten Malang – Konser Jariyah Banyu, Langkah Gusdurian Kanjuruhan Atasi Krisis Air Malang Selatan.

Secara simbolis, Konser Jariyah Banyu digelar sebagai langkah awal Gerakan Jariyah banyu yang merupakan inisiatif Gusdurian Kanjuruhan, sekaligus melengkapi rangkaian peringatan Hari Santri Nasional (HSN) berbingkai Expo HSN pada Senin (21/10), di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Tak hanya itu, puncak peringatan HSN yang mendapat dukungan penuh oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) secara serentak digelar diseluruh Indonesia. Di Kabupaten Malang, semarak dengan kirab santri, keliling kecamatan se Kabupaten Malang membawa Panji Nahdlatul Ulama, puncaknya akan ada gelaran sholawat Riyadlul Jannah ditempat yang sama, stadion kanjuruhan pada Selasa (22/10).

Sementara, terkait Jariyah Banyu, Erik Priyanto yang merupakan Kordinator Gusdurian Kanjuruhan dalam sambutanya mengatakan perlu ada dukungan seluruh stakeholder membantu saudara yang mengalami krisis air.

“Bersama membantu saudara yang mengalami krisis air, terutama di Malang Selatan,” terang Erik.

Lebih lanjut, masih menurut Erik, negara harus hadir mengatasi persoalan ini. Alasannya, menjadi tanggung jawab pemerintah memakmurkan rakyatnya.

“Bumi, air dan seisinya, sepenuhnya dikelola negara untuk menjamin kemakmuran rakyat,” kata Erik sembari tertawa.

Hal ini menurut sesuai dengan amanat undang-undang dasar negara.

Informasi yang berhasil dihimpun, penggalangan dana sedekah banyu ini bersumber pada donasi dari beberapa stake holder antara lain Gusdurian, PMII, penjualan kaos sedekah banyu.

Ada beberapa kordinator yang membidangi tiap wilayah. Gusdurian Kanjuruhan melakukan pemetaan wilayah selatan barat juga selatan timur yang mencakup Kecamatan Pagak, Kalipare dan Donomulyo.

Beberapa wilayah yang dipetakan tersebut, terdapat relawan yang merupakan warga setempat dengan asumsi dapat mengakumulasi kebutuhan air yang akan didistribusikan pada tiap wilayah.

Diwilayah barat, dikoo rdinir Satuan Kordinasi Rayon (Satkoryon) Banser Kepanjen yakni Gus Aan Mian.

Kemudian diwilayah selatan, dikordinir Puguh Rian Saputro sebagai warga setempat sekaligus perwakilan LTN NU Kabupaten Malang.

Informasi lainnya, Lembaga Amil Zakat NU (Laziznu) juga telah bergabung menjalin kerjasaama dalam sedekah banyu ini. (frb/kaf)

Comment here