Serba serbi

Tradisi Natal Paling Unik, Ini Ulasannya

Sekilasmalang.com, Serba-serbi – Tradisi Natal Paling Unik, Ini Ulasannya.

Momen natal masih begitu melekat bagi sebagian orang. Masa Natal sendiri diawali sejak malam natal (24 Desember) hingga perayaan Epifani (6 Januari) yang diperingati oleh banyak Gereja diseluruh dunia untuk menghayati pewahyuan Tuhan yang datang ke dunia.

Tentunya, setiap negara memiliki berbagai macam tradisi tersendiri untuk menyambut Masa Natal. Tak terkecuali di Indonesia. Berikut ulasan berbagai keunikan tradisi natal yang ada di Indonesia.

1. Pohon Natal dari Bulu Ayam

Foto Istimewa

Jika biasanya pohon natal terbuat dari pohon cemara, maka lain dengan yang ini. Pohon Natal yang terbuat dari rangkaian bulu ayam yang dihias dengan pernak-pernik natal yang ciamik. Bisa dipesan di Kerobokan Denpasar, pohon natal serupa juga sempat dipasang di Hotel Tugu Malang saat natal tiba.

2. Pohon Natal dari Bambu

Foto Istimewa

Tak kalah unik, diera yang semakin modern ini pohon natal juga mengalami modifikasi yang signifikan. Natal tanpa pohon natal mungkin terasa tak biasa. Tapi, natal dengan menggunakan pohon natal bambu akan semakin luar biasa. Selain ramah lingkungan, tanaman bambu juga mudah ditemui disekitar kita.

3. Penjor Natal

Foto Istimewa

Bali juga dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki tradisi natal. Di pulau Dewata Bali terdapat beberapa desa dengan penduduk mayoritas beragama Nasrani. Saat natal tiba, gereja di Bali akan memasang penjor, hiasan khas Bali. Penjor adalah bambu yang dihiasi janur atau daun kelapa muda.

4. Pagelaran Wayang Kulit

Foto Istimewa

Solo dan Yogyakarta dikenal sebagai daerah dengan populasi penduduk beragama Nasrani yang cukup signifikan. Saat Natal tiba, tentu tak lepas dari tradisi setempat yang kental akan budaya Jawa. Yogyakarta memiliki tradisi perayaan natal dengan menggelar pagelaran wayang kulit. Kisah yang diangkat biasanya mengenai kedatangan Yesus Kristus ke dunia.4.

5. Pohon Petai dari Ambarawa

Foto Istimewa

Beberapa waktu lalu, viral pohon natal yang terbuat dari petai. Berawal dari Gereja Katolik St. Thomas Bedono, Ambarawa. Dengan spiritnya, Menjadi Gereja Membumi, Lestari, dan Membumi, salah satunya dengan memanfaatkan potensi kearifan lokal yang ada pada masyarakat. Unik bukan?

(bsp/lkm)

Comment here