Serba serbi

Selalu Dinanti, 5 Suasana Khas di Bulan Agustus

Sekilasmalang.com, Serba serbi – Selalu Dinanti, 5 Suasana Khas di Bulan Agustus.

Tak terasa bulan silih berganti. Seperti baru saja menapaki awal tahun yang baru. Namun, kini bulan agustus telah tiba. Waktu seolah begitu cepat berlalu meninggalkan cerita masa lalu yang penuh dengan kenangan. Tentunya, setiap waktu akan memiliki momen yang khas dan begitu melekat dihati kita.

Maka di bulan Agustus ini kita akan selalu menyambut peringatan kemerdekaan Indonesia setiap tahunnya. Momen yang dikenal, “Agustusan” ini pastinya juga akan memiliki berbagai kenangan tersendiri yang selalu dinanti. Menyambut bulan Agustus ini, tim Sekilas Malang mencoba untuk merangkum berbagai suasana khas di bulan Agustus yang pastinya menarik dan selalu dinanti. Yuk! Klik sekilasmalang.com dan simak ulasan berikut ini.

1. Banyak Penjual Bendera

Doct : Siarandepok(dot)com

Rasanya setiap agustusan sangat mudah sekali menemukan penjual bendera merah-putih disepanjang jalan raya. Biasanya, berbagai bendera merah putih yang dijual terdiri dari beranekaragam ukuran. Tak ketinggalan, pernak-pernik bermotif bendera merah-putih juga biasa ditemui saat momen ini. Bendera-bendera tersebut yang akan diletakkan disetiap sudut ruangan, kelas, sekolah bahkan hingga berbagai instansi pemerintahan dan perkampungan.

2. Menghias Fasilitas Umum

Siapa yang pernah ikut menghias lingkungan menjelang momen agustusan? Pasti sangat seru sekali.

Doct : Pasberita(dot)com

Mulai dari menghias sudut kelas, sekolah, bahkan hingga lingkungan sekitar rumah. Membersihkan lingkungan melalui kerja bakti, membuat umbul-umbul semenarik mungkin, membuat kreasi lampion dari beragam barang bekas seperti bola plastik, gelas plastik, dan lainnya yang biasa menemanimu saat malam dengan warna-warni yang indah, mengecat berbagai fasilitas umum, dan masih banyak lagi.

3. Latihan Gerak Jalan

Hayo, siapa yang paling sering ikut latihan gerak jalan atau baris berbaris tiap memasuki momen Agustusan?

Doct : Instagram / Ublik Id

Biasanya, para pelajar mulai dari tingkat SD sampai SMA tak pernah absen untuk kegiatan ini. Selain untuk mempersiapkan barisan pasukan pengibar bendera saat upacara 17 Agustus juga dapat melatih sikap kedisiplinan dan meningkatkan rasa nasionalisme kita sebagai bangsa Indonesia. Tak hanya di sekolah, biasanya juga banyak warga yang mengikuti latihan baris berbaris untuk mempersiapkan upacara tujuh belasan di kampungnya masing-masing.

4. Kenduren

Ini dia momen yang selalu melekat di sanubari warga Indonesia dan umumnya mudah dijumpai dipedesaan.

Doct : Genpi Jogja

Saat malam hari menjelang tujuh belasan, biasanya warga berbondong-bondong ke Balai Dusun, Balai RW, rumah tetua desa, atau ditempat yang sudah disepakati bersama. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa akan berkumpul dan berdoa bersama untuk mengenang jasa pejuang kemerdekaan Indonesia dan doa bagi warga negara Indonesia seluruhnya. Selain dapat berkumpul dan bercengkrama bersama tetangga, warga juga akan menikmati hidangan makan komando yang biasanya diletakkan diatas daun pisang dan ditata berjejer-jejer. Tentunya, setiap daerah akan memiliki tradisi yang berbeda pula. Ritual ini lazim dikenal pula sebagai Kenduri, wujud rasa syukur kepada Tuhan atas keselamatan juga kesejahteraan masyarakat desa.

5. Mempersiapkan Lomba

Dan yang terakhir yang paling meriah dan tak akan terlupakan oleh kita yaitu aneka lomba tujuh belasan.

Doct : Instagram / Agenda Solo

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa akan sangat antusias mengikuti lomba ini. Lingkungan sekolah, perguruan tinggi, lingkungan sekitar rumah selalu menjadi tempat yang strategis. Aneka lomba yang biasa kita jumpai antara lain, lomba makan kerupuk, lomba balap karung, lomba panjat pinang, lomba kursi ratu, dan masih banyak lagi. Puncaknya adalah perayaan karnaval yang sangat menarik dan mampu menghibur kita dari rasa galau dan kejenuhan akibat berbagai rutinitas sehari-hari.

Demikian 5 Suasana Khas di Bulan Agustus yang berhasil kami hadirkan diruang baca anda.


(bsp/frb)

Comment here