Serba serbi

Sekilas Natal dan 5 Fakta Menariknya

Sekilasmalang, Serba-serbi – Sekilas Natal dan 5 Fakta Menariknya

Natal menjadi momen yang selalu diperingati setiap tanggal 25 Desember oleh sebagian besar umat kristiani diseluruh dunia. Perayaan Natal merupakan peringatan kelahiran Yesus Kristus, yang diyakini sebagai Juruselamat manusia oleh umat Kristiani.

Saat Natal, banyak hal menarik yang bisa kita jumpai disekitar kita. Natal menjadi momen yang sangat meriah dengan segala pernak-pernik seperti pohon natal, lampu hias, kue natal dan lain-lain. Berikut adalah fakta unik dibalik meriahnya perayaan Hari Natal

1.Pohon Natal

Gambar : Pohon Natal (Wikipedia)

Pohon Natal adalah salah satu pernak-pernik Natal yang selalu kita temui saat Natal. Pada umumnya, pohon ini berupa pohon cemara yang dihias oleh berbagai pernak-pernik yang berkilauan.

Sebenarnya pohon natal tak harus selalu ada. Keberadaan pohon natal sendiri merupakan bagian dari tradisi yang dimulai di Jerman sekitar abad ke 16 dan semakin populer hingga masa kini. Pohon natal melambangkan kekekalan, karena apabila pada musim salju dedaunan pohon akan rontok habis, maka pohon cemara akan tetap hijau meski tertutup oleh salju.

2. Sinterklas

Gambar : Sinterklas (Pegipegi.com)

Kedatangan sinterklas selalu ditunggu oleh anak-anak saat natal tiba. Sinterklas selalu digambarkan sebagai sosok pria tua berjenggot putih yang mengenakan jubah merah dan suka membagi-bagikan hadiah natal pada anak-anak.

Terdapat banyak cerita dari kisah Sinterklas. Tapi, yang terkenal adalah penggambaran sosok Santa Claus/Santo Nikolas dari Myra. Nikolas adalah seorang uskup yang sangat dermawan kepada anak-anak dan orang miskin. Gereja Katolik memperingatinya setiap tanggal 6 Desember dalam kalender gereja.

3. Kaus Kaki Natal

Gambar : Kaus Kaki Natal (Idea.grid)

Satu diantara pernak-pernik natal yang tak kalah terkenal adalah kaus kaki natal. Kaus kaki berukuran besar dan didesain dengan indah. Biasanya, anak-anak akan memasang kaus kaki natal didinding dan berharap sinterklas akan datang dan mengisinya dengan aneka permen dan hadiah. Dikisahkan, Sinterklas akan datang melalui cerobong asap saat semua orang tertidur. Ia akan memberi hadiah pada anak yang baik hati dan hanya meninggalkan bata pada anak yang tak bersikap manis.

4. Berbusana Merah dan hijau

Gambar : Busana Khas Natal (Jawapos)

Pada saat momen natal, banyak orang menggunakan busana ataupun pernak-pernik berwarna merah ataupun hijau. Natal selalu identik dengan kedua warna ini. Namun, penggunaan warna ini apakah hanya sebuah kebetulan? Tentunya tidak.Warna hijau mewakili pohon natal, yang melambangkan kehidupan. Dan warna merah yang melambangkan penebusan Tuhan bagi umat manusia.

5. Kue Natal

Gambar : Kue Natal (Pegipegi.com)

Seperti hari raya lainnya, pada saat Natal tentu terdapat kue-kue yang dihidangkan untuk dinikmati bersama keluarga maupun sanak saudara yang bertandang kerumah kita. Biasanya, kue Natal yang selalu disajikan adalah kukis kering yang dibuat dari campuran Jahe yang dapat menghangatkan badan di musim dingin. Konon, kue ini merupakan kue Natal tertua yang pernah ada hingga masa kini. (bsp/kaf)

Comment here