Serba serbi

Pesan Moral Salah Satu Relief Candi Jago Tumpang Malang

Sekilasmalang.com, Kabupaten Malang – Pesan Moral Salah Satu Relief Candi Jago Tumpang Malang

Candi jago yang terletak di Desa Tumpang, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Candi ini sering di sebut dengan candi jajagu yang di dalam kitab Negarakertagama sebagai tempat pendharmaan Raja Wisnuwardhana daru kerajaan Singosari yang wafat tahun 1268 M.

Candi ini berdenah empat persegi panjang menghadap ke Barat. Bangunannya di dirikan di atas batur berteras tiga semakin ke atas, sehingga di masing masing teras terdapat selasar untuk mengelilingi candi. Terastas ketiga agak bergeser kebelakang merupakan teras suci. Susunan bangunan yang berteras teran ini yang bertitikan sakral d belakang mengingaktak pada bangunan “punden Berundak”.

Di teras pertama terdapat relief yang bercerita tentang binatang – binatang, sebelah selatan tapat d samping tangga terdapat relief dua kura – kura, burung pelikan dan beberapa srigala.

Relief tersebut menceritakan tentang keinginan dua kura kura yang ingin terbang melihat burung pelikan, tetapi kedua kura kura tersebut tidak mempunyai sayap untuk terbang. Kemudian kura kura meminta bantuan kepada berung pelikan dan burung pelikan pun menyetujuinya dan mau membantu kura kura terbang.

Burung pelikan mengambil ranting pohon dan menggigit dintengah ranting tersebut, sedangkan kedua kura kura menggigit di sebalah kiri dan kanan dari ranting. Kemudian mereka terbang.

Gambar istimewa

Di tengah perjalanan mereka bertemu dengan srigala, srigala menertawai kura kura karena tidak punya sayap tetapi ingin terbang. Kura kura marah dan ingin membalasnya dengan membuka mulut dan lepaslah gigitan di ranting. Akhirnya kedua kura kura jatuh, dan serigala merasa senang kemudian membunuh dan memakan kedua kura kura tersebut.

Pesan moral yang ingin di sampaikan dari relief ini adalah ketika kamu mempunyai mimpi atau keinginan, tetaplah fokus kepada mimpi tersebut dan jangan pernah hiraukan ucapan ucapan orang di sekitar yang ingin menjatuhkan kita. (usw/sbl)

Comment here