Sekilas MalangSerba serbi

Ngabuburit ASIK, Ramadhan Ala Pelajar NU Dau

Sekilasmalang.com, kabupaten Malang – Ngabuburit ASIK digelar oleh PAC IPNU-IPPNU Dau kabupaten Malang dalam rangka menyemarakkan bulan ramadhan.

Kegiatan yang diadakan setiap hari minggu selama bulan ramadhan kali ini, puncaknya dilaksanakan di Masjid Miftakhul Jannah Selorejo pada hari Minggu (02/06/19).

Kegiatan yang bertema “Kebersamaan Menuai Kebaikan di Bulan Yang Suci” tersebut diikuti oleh puluhan pelajar se- kecamatan Dau Kabupaten Malang, memiliki beberapa rangkaian kegiatan. Shela Indriani selaku ketua pelaksana menuturkan “Ngabuburit ASIK ini merupakan kependekan dari Aksi bersih-bersih, Sholawatan, Istighotsah, dan Kajian kitab. Jadi bukan hanya ngabuburit.” pungkasnya.

Antusiasme tampak dari kehadiran peserta kegiatan sejak pagi hari. Kegiatan ini diawali dengan membersihkan lingkungan masjid hingga sekitar masjid. Aksi bersih-bersih dilakukan dengan membagi peserta kedalam beberapa kelompok dibeberapa titik beserta alat kebersihan yang sudah disiapkan oleh peserta dari masing-masing ranting desa yang terlibat. Kemudian, peserta melakukan bersih diri sembari melakukan persiapan sebelum pelaksanaan shalat dhuhur berjamaah.

Kegiatan yang dilanjutkan dengan sholawatan ini diikuti peserta dengan antusias karena mereka dapat mengkreasikan sholawat yang dilantunkannya.

Foto kegiatan bersih bersih lingkungan oleh PAC IPNU-IPPNU Dau

Dalam sambutannya, M. Ifan selaku ketua PAC IPNU Dau mengatakan “Aksi bersih-bersih masjid ini dilakukan untuk membersihkan lingkungan, istighotsah dan sholaatan dilakukan untuk membersihkan rohani kita, serta kajian kitab untuk menambah ilmu” katanya. Setelah itu, puluhan peserta yang hadir bersama-sama melaksanakan istighotsah sebagai upaya untuk pembersihan rohani.

Kegiatan ini diakhiri dengan kajian kitab lubabul hadits yang disampaikan oleh ustadz Zamroni. Dalam kajian kitab kali ini membahas tentang adab dan keutamaan orang yang berilmu dalam kehidupan bermasyarakat. Melalui majelis ilmu ini beliau turut menyampaikan “Harapannya kedepan semakin diintensifkan, karena kegiatan ini sangat bermanfaat dalam mengisi kegiatan yang bermanfaat di bulan ramadhan disamping menjalin silaturrahmi.” pungkasnya sekaligus menjadi penutup kegiatan sebelum melangsungkan buka puasa bersama.(bsp/lkm)

Comment here