Serba serbi

Najelaa Shihab, Dorong Reformasi Pendidikan Melalui Inovasi

Najelaa Shihab

Sekilasmalang.com, Pendidikan – Najelaa Shihab, Dorong Reformasi Pendidikan Melalui Inovasi.

Seiring perkembangan zaman, berbagai perubahan yang terjadi di masyarakat seringkali tidak dapat diprediksi oleh percepatan dan waktu. Sedangkan, pendidikan seringkali tidak mengalami perubahan yang cepat.

Padahal, pendidikan adalah kunci perubahan untuk menghadapi tantangan zaman. Oleh karena itu, Najelaa Shihab, putri sulung dari Prof. Dr. M. Quraish Shihab ini, selaku psikolog anak dan praktisi pendidikan banyak melakukan inovasi di berbagai sektor pendidikan.

Berdasarkan pengalaman penulis berbincang dengan tokoh di Sekolah Cikal (Temu Pendidik Nusantara 2018), Najelaa menuturkan bahwa kecintaannya terhadap dunia pendidikan sudah dimulai sejak duduk dibangku sekolah. Menyadari akan permasalahan di dunia pendidikan yang begitu kompleks, menurutnya semakin banyak kesempatan untuk ikut ambil bagian menuju perubahan pendidikan.

Terus berkolaborasi juga penting dilakukan, karena pendidikan bukan hanya tanggung jawab pemerintah tetapi juga menjadi tanggung jawab bagi kita semua.

Foto istimewa
Foto kegiatan Temu Pendidik Nusantara

Percaya akan reformasi pendidikan di Indonesia, membuatnya terus berkolaborasi untuk menginisiasi berbagai inovasi dan organisasi dibidang pendidikan yang melibatkan berbagai kalangan. Berdasarkan penelusuran, berikut ulasan dari berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh Najelaa Shihab dibidang pendidikan:

1. Sekolah Cikal, Belajar Sepanjang Hayat

Gambar Istimewa Sekolah cikal
Gambar Istimewa

Didirikan sejak tahun 1999, Sekolah Cikal (Refleksi Cinta Keluarga) ini sudah mengelola sekolah berdasarkan tahap perkembangan anak dimulai dari kelas bayi dan adik-adik hingga sekolah menengah.

Di sekolah yang bercita-cita untuk mewujudkan pelajar sepanjang hayat ini, bukan hanya siswa yang belajar, tetapi juga guru, pegawai sekolah, penjaga sekolah, bahkan hingga orang tua/ pengasuh.

Sekolah yang sudah membuka cabang di berbagai daerah seperti Jakarta dan Surabaya ini, mendesain kurikulum khasnya sendiri yang bernama Cikal Five Stars Competention.

Dipadukan dengan kurikulum nasional dan kurikulum baccalaureate internasional, sekolah ini percaya akan kemerdekaan belajar dan keunikan setiap individu yang harus diperhatikan dalam pembelajaran.

2. Kampus Guru Cikal

Kampus Guru Cikal
Gambar istimewa

Kampus Guru Cikal merupakan wahana yang seru bagi calon guru dan guru menjadi pembelajar sejati yang mencerdaskan kehidupan bangsa. Merupakan lembaga pengembangan karier guru yang percaya guru dengan kemerdekaan belajar adalah kunci perubahan pendidikan untuk mewujudkan pelajar yang kompeten, ekosistem pendidikan yang kolaboratif dan Indonesia yang demokratis.

Lembaga ini percaya bahwa pengembangan guru tidak hanya sebatas kompetensinya. Kampus Guru Cikal juga menginisiasi Komunitas Guru Belajar yang kini ada di 158 kota/ kabupaten diseluruh Indonesia.

3. Komunitas Guru Belajar Nusantara

Foto Istimewa Komunitas Guru Belajar
Foto kegiatan komunitas Guru Belajar

Komunitas yang terus berbagi terobosan dalam pengajaran ini percaya, bahwa belajar bukan hanya menjadi tanggung jawab siswa tapi juga menjadi tanggung jawab guru selama karir mengajarnya. Untuk menuju mimpi perubahan pendidikan, perubahan selalu dimulai dari lingkup terkecil yakni perubahan praktik pengajaran di ruang kelas.

Komunitas ini juga mengenalkan salah kaprah dan simplifikasi guru dalam belajar. Serta menumbuhkan 4 kunci pengembangan yakni kemerdekaan belajar, kompetensi, kolaborasi, dan karier.

Di Komunitas Guru Belajar juga percaya, bahwa belajar yang paling efektif bukan dari figur yang serba ahli, tetapi dari rekan seperjalan yang realistis dengan pengalamannya dan seringkali jatuh bangun sebelum berhasil.

Berada di komunitas ini, bisa belajar sekaligus berbagi bersama guru dari sekolah lintas jenjang, pendidik informal dan non formal, relawan pendidikan, dosen, dan semua yang bergerak untuk pendidikan.

4. Keluarga Kita, Solusi Orang Tua Masa Kini

Foto Istimewa Keluarga Kita
Foto kegiatan Keluarga Kita

Keluarga yang memiliki peran dalam pendidikan awal anak juga harus diperhatikan. Terlebih, karena kita adalah produk pengasuhan masa lalu maka perlu terbebas dari kerangka pengasuhan masa lalu. Mempersiapkan orang tua yang terus belajar mencintai dengan lebih baik terhadap keluarga sebagai modal terjun ke masyarakat luas.

Karena hal itulah, Najelaa Shihab mendirikan Keluarga Kita di tahun 2012 dengan menyediakan materi pendidikan keluarga yang tersusun dalam Kurikulum sistematis dan terobosan pengasuhan terbaru,  serta pembekalan bagi Relawan Keluarga Kita (Rangkul) yang mengadakan sesi berbagi cerita dan nonton bareng mengenai pengasuhan di lingkungan masing-masing.

Komunitas ini telah berdiri di 64 kota/ kabupaten di seluruh Indonesia.

5. AIMI-ASI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia)

Foto Istimewa AIMI-ASI (Asosiasi Ibu Menyusui)
Foto kegiatan AIMI-ASI

Menyadari akan pentingnya pemberian ASI bagi bayi serta edukasi terhadap ibu menyusui, membuat Najelaa beserta perempuan-perempuan lainnya mendirikan organisasi ini di tahun 2007.

Berfungsi sebagai perkumpulan ibu yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan informasi mengenai menyusui serta meningkatkan persentase ibu menyusui. Pun demikian, organisasi ini juga sudah memiliki banyak cabang dan ranting di berbagai daerah di Indonesia.

6. IslamEdu, Membumikan Al-Qur’an yang Hidup

Gambar Istimwea IslamEdu
Gambar istimewa

Berlatar dari keluarga cendekiawan muslim, menumbuhkan kepeduliannya terhadap pendidikan agama sebagai pendidikan fundamental yang seharusnya diajarkan secara menyenangkan serta aplikatif, sehingga menimbulkan kesadaran akan pentingnya wawasan keagamaan dalam kehidupan sehari-hari.

Masuk jajaran Dewan Kurikulum IslamEdu dibawah naungan Pusat Studi Qur’an (PSQ) untuk merancang dan mengaplikasikan kurikulum pendidikan agama islam yang aplikatif, mengadakan pelatihan terhadap guru agama islam, serta membumikan Al-Qur’an ditengah masyarakat Indonesia yang plural.

7. Inibudi.org, Gerakan Kirim Budi

Gambar istimewa
Gambar istimewa

Menyadari akan ketimpangan mutu dan akses pendidikan di Indonesia, membuat Najelaa Shihab membuat kegerakan baru. Didirikan pada tahun 2012, telah melakukan berbagai langkah, seperti membuat dan mendistribusikan secara daring dan luring video pembelajaran untuk berbagai bidang profesi, studi, dan jenjang pendidikan.

Memprakarsai partisipasi masyarakat melalui Program Guru Berbudi, Teman Belajar, Dukung Belajar, dan Sahabat Belajar.

Melalui donasi yang dapat kita berikan, turut menyumbang untuk 10.000 flashdisk untuk disebar di sekolah, taman baca, maupun sanggar yang berada di pedesaan pelosok yang seringkali mengalami gangguan sinyal.

8. Pusat Studi Pendidikan & Kebijakan

Foto istimewa Pusat Studi Pendidikan & Kebijakan
Foto kegiatan Pusat Studi Pendidikan & Kebijakan

Melihat perlunya akselerasi terhadap percepatan perubahan pendidikan di Indonesia yang membutuhkan kolaborasi bersama akademisi, pemerintah, dan prakitisi pendidikan, maka Najelaa Shihab dan rekan-rekannya mendirikan Pusat Studi Pendidikan & Kebijakan.

Pusat Studi Pendidikan & Kebijakan (PSPK) yang didirikan pada tahun 2015 ini merupakan lembaga riset dan advokasi independen yang bergerak dibidang pendidikan. PSPK bertujuan mempromosikan kebijakan pendidikan yang mengedepankan dampak pada anak, berdasar dari data ilmiah, serta menyebarkan praktik baik yang telah dilakukan dalam ekosistem pendidikan di Indonesia.

Satu diantara kegiatan terbarunya adalah terlibat dalam kolaborasi literasi bermakna bersama Pemkot Batu dalam rangka mengawal kebijakan menuju Kota Literasi di Kota Batu.

9. Sinedu, Belajar Melek Dari Film

  • Gambar istimewa sinedu
  • Foto istimewa sinedu

Sangat yakin akan pentingnya belajar dari film sebagai media belajar yang diperlukan serta disukai oleh segala usia untuk menumbuhkan belajar yang bermakna, maka Najelaa Shihab mendirikan Sinedu.id.

pada tahun 2016 untuk terus berkolaborasi dengan insan perfilman dan pegiat pendidikan yang bertujuan meningkatkan literasi dan apresiasi terhadap film. Salah satu kegiatannya adalah berkolaborasi bersama Kampus Guru Cikal dalam aksi kegiatan “Guru Melek Film.”

10. Youthmanual, Bantu Pelajar Atasi Kegalauan

Gambar istimewa Youthmanual
Gambar istimewa

Bergerak bersama pelajar di sekolah, membuat najelaa dan anak-anak muda saling bersinergi dan menginisiasi terbentuknya Youthmanual. Youthmanual merupakan platform daring yang menyediakan database dan penilaian, yang didukung oleh teknologi People Science bagi semua pelajar dan mahasiswa dalam mengeksplorasi minat dan bakat serta keunikan dirinya

Dikembangkan menggunakan riset ilmiah, Youthmanual mengukur 7 dimensi profil siswa yang menjadi landasan dalam merekomendasi, perencanaan kuliah dan karier yang terintegrasi, berkesinambungan, dan juga menyeluruh.

11. Pesta Pendidikan, Jaringan Semua Murid Semua Guru

  • Gambar istimewa semua murid semua guru
  • Gambar istimewa semua murid semua guru

Mendorong keterlibatan publik dalam mengawal perubahan pendidikan, membuat putri sulung dari Prof. Dr. M. Quraish Shihab ini kembali membuat Gebrakan besar yang berdampak di tahun 2016. Menggagas Pesta Pendidikan  sebagai sebuah kegiatan besar dari ratusan organisasi dan komunitas dari berbagai pemangku kepentingan pendidikan di Indonesia.

Pesta Pendidikan ini percaya, bahwa berbagai praktik baik yang dilakukan oleh berbagai kalangan menjadi suatu hal yang perlu untuk dirayakan,  serta dikolaborasikan dengan berbagai pihak.

Adanya Pesta Pendidikan ini juga melahirkan jaringan Semua Murid Semua Guru. Jaringan ini merupakan jaringan publik berdaya yang belajar, bergerak, dan bermakna barengan untuk pendidikan di Indonesia.

Melalui jaringan ini, mengajak siapapun untuk berkolaborasi dibidang pendidikan. Banyak artis seperti Tulus, Vidi Aldiano, dan lainnya telah terlibar dalam pembuatan video klip lagu SMSG ini.

Beragam organisasi dan media massa seperti 1000 Guru, Kelas Inspirasi, Project Child Indonesia, Akademi Berbagi, Kumparan, Penerbit Lentera Hati, dan semua gerakan yang diinisiasi Najelaa Shihab turut terlibat dalam jaringan ini bersama dengan ratusan organisasi lainnya dari seluruh penjuru Indonesia.

(bsp/lkm)

Comment here