Serba serbi

Menjelang Momen 17 Agustus, Ini Lomba Yang Bikin Kangen

Sekilasmalang.com, Serba-serbi – Menjelang Momen 17 Agustusan, Ini Lomba Yang Bikin Kangen.

Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia selalu menjadi momen yang ditunggu. Spesial karena selain menjadi peringatan akan perjuangan bangsa Indonesia hingga mencapai kemerdekaan, momen ini juga memiliki berbagai makna yang berkesan. Biasanya berbagai kegiatan akan menyemarakkan momen 17- an ini. Beragam kegiatan seperti upacara bendera, tasyakuran, gerak jalan, lomba-lomba dan masih banyak lagi.

Berbicara tentang lomba, tentu banyak sekali macam-macam lomba yang digelar. Lomba yang digelar sebelum ataupun sesudah 17- an ini untuk memeriahkan peringatan Kemerdekaan, dan juga untuk meningkatkan jiwa nasionalisme kita. Pastinya banyak sekali aneka macam lomba yang membuat kita bernostalgia. Yuk simak ulasan berikut ini:

1. Lomba Balap Karung

Foto istimewa

Lomba ini cukup ekonomis pasalnya bahan yang dibutuhkan hanya karung bekas yang mudah dijumpai dan tinggal menyesuaikan ukurannya saja. Meski demikian, lomba ini mengajarkan kita banyak hal. Kita akan belajar untuk tetap berjuang mencapai garis finish meski kaki tak bebas bergerak. Disamping itu, juga melatih kejujuran supaya kita tidak melakukan kecurangan, entah itu dengan berjalan atau berlari.

2. Lomba Makan Kerupuk

Foto istimewa

Yang satu ini yang biasanya paling ditunggu karena tak pernah absen setiap lomba 17- an. Jadi momen untuk mengincar makan krupuk gratis, lomba ini memerlukan konsentrasi penuh untuk dapat melahap kerupuk yang digantung. Tentu tak mudah. Kita akan berlatih fokus, keseimbangan, dan juga kesabaran. Sedikit saja kita lengah, kerupuk itu bak berputar-putar diatas mulut kita.

3. Lomba Balap Bengkiak

Foto istimewa

Lomba ini biasanya sering membuat kita tertawa geli. Menggunakan sepasang bengkiak memanjang yang digunakan oleh banyak orang, seringkali membuat pemainnya terpeleset apabila tak berhati-hati. Pentingnya kekompakan dan gotong royomg akan kita pelajari saat memainkannya. Lebih jauh, kita juga dapat belajar membangun komunikasi dalam tim, memberi dan mengikuti arahan, serta saling bahu-membahu dalam mencapai tujuan.

4. Lomba Gebuk Bantal

Foto istimewa

Tak kalah seru, lomba ini umumnya dilakukan diatas kayu yang berada diatas sungai selebar dua hingga tiga meter. Peserta akan diberi bantal atau guling yang sudah dicelupkan kedalam air sungai. Kemudian, akan saling menimpuk lawannya untuk mempertahankan posisi agar tak jatuh kedalam sungai. Peserta yang bertahan diatan kayu inilah yang dinyatakan menang. Peszerta akan belajar mempertahankan diri meski dalam posisi yang sulit.

5. Lomba Pindah Botol Kaleng

Foto istimewa

Ada lagi lomba yang sangat murah meriah. Cukup menggunakan mie lidi pasta dan botol kaleng bekas minuman. Sangat sederhana, aturan mainnya adalah peserta saling berpasangan. Kemudian setiap pasangan akan menggigit mie lidi pasta dengan botol kaleng ditengahnya, dari atas meja kemudian digigit diangkat dan dipindah kebawah meja. Selain membutuhkan konsentrasi dan keseimbangan kita juga belajar memaknai pentingnya membangun komunikasi dan keseimbangan dalam suatu relasi atau hubungan yang sehat.
(bsp/lkm)

Comment here