Serba serbi

Mengenang BJ Habibie, Ini Dia 5 Fakta Rahasianya

Sekilasmalang.com, serba-serbi, Mengenang BJ Habibie, Ini Dia 5 Fakta Rahasianya

Beberapa hari lalu, baru saja Indonesia berduka atas wafatnya presiden ketiga Indonesia, BJ Habibie. Tentu saja, hal ini menyisakan duka dan kenangan yang dalam bagi segenap warga Indonesia. Dikenal karena kecerdasannya, rupanya banyak hal dari kisah kehidupan sang tokoh yang menjadi sisi tersendiri yang patut kita ketahui. Berikut ulasannya

1. Habibie kecil yang ditinggal sang ayah

Foto Istimewa

Habibie lahir di Pare-pare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936. Ia merupakan anak keempat dari delapan bersaudara. Saat berusia 14 tahun, ia ditinggal oleh sang ayah, Alwi Abdul Jallil Habibie, yang wafat karena serangan jantung. Habibie hidup bersama saudara-saudaranya bersama sang ibu, RA Tuti Martini yang berjuang keras menghidupi putra-putrinya hingga kelak menjadi orang yang berhasil.

2. Suami yang setia dan penuh cinta

Foto Istimewa

Ini kisah cinta dari BJ Habibie Ainun dengan sang istri Hasrie Ainun. Berawal dari perkenalan saat masa SMP, namun keduanya baru saling memperhatikan saat sama-sama bersekolah di SMA Kristen Dago Bandung. Menikah pada tanggal 12 Mei 1962, mereka dikenal sebagai pasangan yang harmonis. Setia dan penuh cinta tampak dari sosok Habibie. Terbukti, saat ia terus menemani sang istri hingga maut memisahkan. Bahkan, hingga kisah keduanya dikenang melalui film Habibie-Ainun yang dirilis pada 2012 silam.

3. Ilmuwan yang dijuluki “Mr Crack”

Foto Istimewa

Ketika masih bekerja di perusahaan manufaktur Jerman, ia mengembangkan sejumlah teori dalam dunia penerbangan yang dikenal dengan sebutan Teori Habibie, Faktor Habibie, atau Metode Habibie. Teori tersebut merupakan rumus penghitungan keretakan atau crack progression pada konstruksi pesawat. Karena itulah Habibie dijuluki “Mr. Crack”. Hingga saat ini, teori tersebut masih digunakan dalam dunia penerbangan internasional.

4. Habibie sosok yang diakui dunia

Foto Istimewa

Dilansir dari CNNIndonesia, Atas jasanya dalam pengembangan desain pesawat dunia dan kemajuan industri Dirgantara RI, BJ Habibie menjadi orang Asia pertama yang mendapat penghargaan dari Edward Warner dari International Civil Aviation Organization (ICAO) pada tahun 1994 di Kanada. Tentunya masih banyak penghargaan lain yang diterimanya. Habibie bahkan diberi gelar Warga Negara Kehormatan Jerman pada tahun 1988 silam.

5. Presiden dengan masa jabatan terpendek

Foto Istimewa

Menjadi Presiden Indonesia yang menggantikan Soeharto sejak mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei 1998, Habibie kemudian digantikan oleh Gus Dur yang terpilih sebagai presiden pada 20 Oktober 1999 oleh MPR hasil pemilu 1999. Dengan menjabat selama 1 tahun 5 bulan sebagai prtesiden, tokoh yang bernama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie ini merupakan Presiden Indonesia dengan masa jabatan terpendek.

(bsp/lkm)

Comment here