Serba serbi

5 Kuliner Yang Membuatmu Makin Jatuh Cinta Pada Malang

Sekilasmalang.com, serba-serbi –5 Kuliner Yang Membuatmu Makin Jatuh Cinta Pada Malang

Bukan saja surganya wisata, bukan hanya jadi lautan pelajar, tapi juga pusatnya kuliner. Demikian, kata yang tepat untuk menggambarkan betapa indahnya Malang. Betapa tidak? Surganya wisata berada dikawasan Malang Raya ini.

Tak berhenti disitu saja, Malang juga menjadi salah satu tujuan utama pelajar dari seluruh penjuru negeri yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan tinggi. Tingginya arus mobilisasi di Malang, membuat kebutuhan akan tersedianya sajian makanan semakin meningkat.

Berbagai olahan kuliner yang dijajakan dapat dijumpai dengan mudah di Malang. Berbicara tentang kuliner, sangat disayangkan bila berada di Malang namun belum mencicipi nikmatnya kuliner khas Malang yang sungguh menggoda.

Berikut daftar sajian kuliner khas Malang yang sudah disusun oleh Sekilas Malang, mulai dari kaki lima hingga rasa bintang lima yang dapat membuatmu tergoda dan semakin jatuh cinta dengan Malang. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini

Bakso Khas Malang

Gambar istimewa

Bakso menjadi salah satu kuliner favorit orang Indonesia. Cepat saji, dan rasanya yang menggoda mampu mengganjal perut dari rasa lapar. Bakso Malang mempunyai isian yang beragam, mulai dari aneka macam pentol, tahu putih atau tahu kulit, pangsit isi, tauge, mie, bihun, dan siomay.

Penggunaan bumbu yang tepat bisa menciptakan kelezatan kuah bakso yang semakin menggoda dan turut menggoyang nikmatnya bakso dilidah. Olahan kuliner yang biasanya dinikmati bersama sambal cabai ini dapat dengan mudah dijumpai bahkan hingga penjuru nusantara.

Biasanya, olahan bakso malang dijajakan mulai dari pedagang kaki lima, depot, warung, bahkan sampai restoranpun ada yang menjadikan kuliner ini sebagai menu utamanya.

Sate Kelinci

Gambar istimewa

Apabila sate ayam dan sate kambing sudah tak lagi asing, maka kuliner yang satu inipun juga patut dicoba. Olahan kuliner yang satu ini biasanya juga menjadi incaran dari wisatawan yang sedang berkunjung ke Malang.

Tampak biasa karena sama-sama dibumbui dengan bumbu kacang, namun sate ini memiliki ciri khas tersendiri. Selain diolah dari daging kelinci, sate ini memiliki cita rasa yang nikmat karena tekstur dagingnya yang lembut dibalut dengan bumbu kacang yang menggoda disetiap gigitannya.

Sajian sate kelinci ini biasanya dapat dengan mudah dijumpai disepanjang jalan yang menghubungkan antara Malang – Batu. Letaknya yang sangat strategis, membuat olahan kuliner ini sangat sayang jika terlewatkan begitu saja.

Orem-Orem

Gambar istimewa

Dikenal sebagai sentranya tempe, menjadikan olahan berbahan dasar tempe mudah ditemui di Malang. Salah satunya adalah orem-orem. Mungkin, asing bagi sebagian orang. Namun sangat familiar bagi warga Malang.

Orem-orem merupakan hidangan yang disajikan dengan potongan tempe, telur rebus, potongan daging ayam, lontong dan sayur. Meski tampak seperti sayur lodeh, namun kuah dari orem-orem ini sangat kental, nikmat, dan gurih serta biasanya memiliki cita rasa yang cukup pedas.

Pada mulanya, orem-orem merupakan kuliner yang biasanya disajikan pada saat tertentu saja seperti, pernikahan dan hajatan atau syukuran. Memasuki era tahun 1980- an, orem-orem mulai banyak dijajakan di warung-warung tradisional yang ada.

Hingga saat ini, orem-orem masih mudah dijumpai dan tak pernah sepi peminat. Meski berawal dari kaki lima, namun kuliner yang satu ini memiliki rasa bintang lima.

Angsle

Gambar istimewa

Dikenal sebagai kota berhawa dingin, Malang juga menyajikan hidangan hangat yang dapat menghangatkanmu ditengah kedinginan yang seolah menusuk. Angsle, begitulah namanya.

Wedang yang mampu menghangatkan tubuh ini biasanya mudah ditemui saat malam hari. Tampilannya sepintas memang mirip sekoteng karena ada irisan roti, kacang sangrai, dan kacang hijau didalamnya. Yang membedakan angsle dengan sekoteng adalah angsle ini masih ditambahkan dengan petulo atau putu mayang, ketan putih kukus, tape singkong dan bubur mutiara.

Adanya cita rasa yang komplit ini bukan hanya bisa menghangat tubuh saja, tapi juga mengganjal kerucut perut saat tengah malam.

Tahwa

Gambar istimewa

Ada lagi, hidangan yang dapat menghangatkan tubuh dari hawa dingin yang menusukmu. Tahwa namanya. Konon, hidangan yang berupa makanan berkuah ini merupakan peranakan dari kuliner Tionghoa yang sudah ada sejak masa lampau.

Tahwa sendiri berisikan kembang tahu atau tahu lembut yang bisa lumer di mulut yang diguyur kuah dari campuran jahe dan gula merah. Kelezatan dari tahwa ini dapat dinikmati dengan harga yang murah meriah.

Biasanya, dipatok seharga Rp. 5000 rupiah saja. Mudah ditemui saat malam hari, tahwa ini juga cukup mudah ditemui diberbagai sudut Kota Malang. (bps/lkm

Comments (2)

  1. bener banget mas. saya dulu paling suka yang namanya angsle mas . kalo diceritain panjang mas pokoknya malang punya is the best lah.

    dan juga ini mau nanya mas apa boleh mas saya minta ajar ke mas mas sekma(sekilas malang) tentang membuat blog yang bagus

    • masih belajar mas, monggo bisa saling share hehehe

Comment here

%d blogger menyukai ini: