PendidikanSekilas Nasional

TPN 2019, Ajang Pendidik Indonesia Gerakkan Literasi Untuk Negeri

Sekilasmalang, Sekilas Nasional – TPN 2019, Ajang Pendidik Indonesia Gerakkan Literasi Untuk Negeri.

Usai sudah pelaksanaan Temu Pendidik Nusantara (TPN) 2019) yang digelar oleh Kampus Guru Cikal. Melibatkan 1000 guru dari Komunitas Guru Belajar di seluruh penjuru Indonesia, kegiatan ini digelar pada, Sabtu-Minggu (26-27/10/2019).

Sesuai dengan temanya, “Menggerakkan Literasi Untuk Negeri” Kegiatan TPN kali ini menyajikan berbagai pilihan kelas pelatihan yakni 44 kelas kemerdekaan, 42 kelas kompetensi, 25 kelas kolaborasi, dan 4 kelas karir yang bertemakan pembelajaran literasi. Bertempat di Sekolah Cikal Cilandak untuk jenjang pendidikan dasar, dan di Sekolah Cikal Setu untuk jenjang pendidikan menengah. Sedangkan, acara puncak berakhir di Sekolah Cikal Cilandak Jakarta Selatan.

Foto Istimewa

Turut dihadiri Mendikbud, Nadiem Makarim, acara ini juga dihadiri oleh inisator Komunitas Guru Belajar, Najelaa Shihab.”Pembelajaran kita hari ini (Kemerdekaan, Kompetensi, Kolaborasi, dan Karir) adalah untuk murid kita, semuanya dimulai dari guru. Jika guru masih belum bisa menggapai cita-citanya maka pembelajaran itu menjadi sia-sia.” Ujar Najelaa, dihadapan ribuan guru Indonesia.

Najelaa melanjutkan, “Bagaimana murid bisa merdeka belajar, jika gurunya tidak? Merdeka belajar perlu dimiliki oleh setiap guru, belajar tanpa ada paksaan.” Ujarnya menyambut kehadiran guru belajar.

Puncak kegiatan yang digelar di Sekolah Cikal Cilandak ini juga sekaligus menjadi ajang peluncuran aplikasi terbaru, gagasan Najelaa Shihab, SEKOLAHMU yang turut menjadi aplikasi pendamping belajar bagi pelajar Indonesia. (bps/lkm)

Comment here