Selasa, 28 Maret 2023
spot_img

Profil 8 Anggota DPR Dapil V Malang Raya

Sekilasmalang.com, Malang Raya – Profil 8 Anggota DPR Dapil V Malang Raya.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dipilih melalui proses pemilihan umum (Pemilu). Pesta demokrasi 4 tahunan ini menjadi momen bagi rakyat untuk menjadi raja, memilih dan mengantarkan legislator melenggang ke Senayan.

Pada pemilu 2019 lalu, Daerah pemilihan (Dapil) lima (V) yang mencakup wilayah Kota Malang, Kabupaten Malang dan kota Batu Anggota DPR Dapil Jawa Timur V yang terdiri dari Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu

Profil 8 Anggota DPR Dapil Jawa Timur V:

1. Dra. Hj. Lathifah Shohib (Fraksi PKB)

Dra. Hj. Lathifah Shohib lahir di Jombang 1959 silam. Ia merupakan anak dari pasangan KH Shohib Bisri bin KH Bisri Syamsuri Denanyar dan Hj Nadhiroh Manshur binti KH Manshur.

Profil 8 Anggota DPR Dapil V Malang Raya
Foto : Dra. Hj. Lathifah Shohib (Fraksi PKB), Istimewa.

Perempuan yang lebih dikenal dengan sebutan Bu Nyai ini menikah dengan Dr.H. In’am Sulaiman (alam). Dari pernikahannya, Bu Nyai dikaruniai 3 orang anak.

Mengawali karir di dunia politik dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia masuk partai berlogo bumi dikelilingi bintang sembilan ini sejak awal PKB berdiri yakni tahun 1998.

Perjalanan karirnya terbilang cukup cemerlang. Ditahun 2010 ia berhasil menduduki posisi ketua DPC PKB Kota Malang hingga tahun 2015. Semakin meroket, ia melanjutkan karirnya di Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Timur sebagai wakil bendahara.

Hingga di tahun 2014, ia berhasil melenggang sebagai anggota Komisi X DPR RI. Terakhir, namanya tercatat sebagai kandidat Bupati Malang pada kontestasi Pilbub Malang 2020 lalu.

Terakhir, posisi Lathifah Shobib di DPR RI digantikan oleh Hasanudin Wahid sebagai pengganti antar waktu. Bu Nyai harus menanggalkan jabatannya karena ia maju menjadi calon Bupati Malang di Pilkada Malang 2020.

2. Ali Ahmad (Fraksi PKB)

Pria bernama lengkap H. Ali Ahmad, S.H. ini menjabat sebagai anggota DPR RI sejak 1 Oktober 2019. Ia lahir pada 1 Januari tahun 1967.

Pria yang karib disapa Gus Ali ini terpilih menjadi anggota DPR RI di daerah pemilihan (Dapil) V Jawa Timur. Dapil V Jawa Timur mencakup wilayah Malang Raya yakni Kota Batu, Kota Malang dan Kabupaten Malang.

Profil 8 Anggota DPR Dapil V Malang Raya
Foto : Ali Ahmad, Istimewa.

Gus Ali merupakan kader Parta Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia menikah dengan istrinya Anik Zuliyah dan dikaruniai 3 orang anak.

Riwayat pendidikannya diawali dengan menempuh pendidikan dasar di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hidayah Karangploso dilanjutakan MTs Darus Salam Sumbersari Kediri dan MA Darus Salam Sumbersari Kediri. Jenjang perguruan tinggi ia tempuh di UNISMA Malang hingga mendapat gelar sarjana hukum.

Selain itu, hingga saat ini ia juga tercatat masih aktif menjabat Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Al-Hidayah Karangploso dan Dewan Pembina HPN Malang Raya.


3. Moreno Soeprapto (Fraksi Partai Gerindra)

Besarnya nama Moreno Soeprapto di sirkuit balap sejalan dengan karir politiknya. Selain tercatat menjadi kader Partai Gerindra, ia juga menjadi legislator yang berhasil melenggang ke Senayan pada kontestasi Pileg Pilpres 2019 lalu.

Profil 8 Anggota DPR Dapil V Malang Raya
Foto : Moreno Soeprapto, Humas DPR.

Pria blasteran Jawa-Minang ini merupakan adik kandung dari pembalap Ananda Mikola. Trah keluarganya punya track record gemilang di dunia balap mobil. Ayahnya, Tinton Soeprapto juga pembalap mobil.

Konon, dari penulusuran sekilasmalang.com, trah Soeprapto masih punya garis keturunan dari Bupati Malang III, Raden Tumenggung Ario Notodiningrat. Tumenggung Ario menjabat Bupati Malang pada tahun 1884 hingga 1894.

Moreno kecil lahir pada 14 November 1982 silam. Ia menjabat anggota DPR RI sejak 2014 lalu, era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hingga saat ini.

Ia menikahi Noorani Sukardi dan dikaruniai satu orang anak yakni Saja Noor Soeprapto.

Ia tercatat aktif sebagai Wakil Ketua organisasi Satu Pelajar Mahasiswa (Sama) Pemuda Pancasila serta Anggota Duta Taruna Siaga Bencana (TAGANA) hingga kini.

Ia kembali terpilih menjadi perwakilan rakyat, melenggang ke Senayan pada Pemilu 2019 mengantongi 52.921 suara.

Dengan rincian 38.491 suara dari Kabupaten Malang, 9.713 dari Kota Malang dan 2.848 dari Kota Batu.

4. Krisdayanti (Fraksi PDIP)

Sebelum terpilih menjadi anggota DPR RI dari Dapil V Malang Raya, nama Krisdayanti sudah banyak dikenal. Ia merupakan penyanyi kondang anggota grup Tiga Diva yang dulu sempat nge-hits.

Profil 8 Anggota DPR Dapil V Malang Raya
Foto : Krisdayanti, Istimewa.

Selain Krisdayanti, Anggota Tiga Diva yang lain adalah Ruth Sahanaya dan Titi DJ. Selain itu, adapula nama besar komponis Erwin Gutawa dan Jay dibalik kesuksesan trio vokal tiga diva ini.

Karir politik Krisdayanti yang juga mantan penyanyi cilik dengan rekaman pertama bertajuk Megaloman ini mengawali karir politiknya dengan mencalonkan diri pada Pemilu 2019 lalu. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berhasil memboyong dan mengantarkan personel Tiga Diva melenggang ke Senayan.

Penting diketahui, pada pemilu tahun 2014, Krisdayanti sempat dikabarkan akan maju pemilihan legislatif menggunakan jalur Partai Hanura. Namun, seperti belum rejeki keinginannya kandas. Hingga akhirnya pada pemilu 2019 KD memenangkan kontestasi di Dapil V Jawa Timur (Malang Raya) yang konon juga merupakan tempat kelahirannya.

Krisdayanti lahir pada 12 Maret tahun 1975. Ia menikah dengan Anang Hermansyah dan dikaruniai 2 orang anak yakni Aurel Hermansyah dan Azriel Hermasnyah.

Aurel Hermansyah, anak pertama Krisdayanti begitu populer hingga saat ini. Bahkan, pesta pernikahan anak Krisdayanti dengan youtuber kondang Atta Halilintar di live di beberapa stasiun televisi. Pernikahan Aurel dan Atta berhasil menyita perhatian publik, banyak artis top ibukota hingga Presiden RI Joko Widodo.

Namun, biduk rumah tangganya harus kandas di tahun 2009. Krisdayanti kembali menikah dengan Raul Lemos pada tahun 2011 hingga saat ini.

5. Drs. Ahmad Basarah, MH (Fraksi PDIP)

Ahmad Basarah lahir di Jakarta pada 16 Juni 1968 silam. Pendidikan dasarnya diSD 01 Rawa Terate kemudian dilanjutkan ke SMPN 168 Cakung dan SMAn 36 Rawamangun.

Profil 8 Anggota DPR Dapil V Malang Raya
Foto : Drs. Ahmad Basarah, MH, Dok DPR.

Jenjang pendidikan tinggi ia tempuh di Institut Ilmu Sosial dan Politik (IISIP) Jakarta hingga lulus pada tahun 1992. Kemudian melanjutkan studi ke Pasca Sarjana UI dan Pascasarjana Hukum UKI. Hingga mendapat gelar Doktor pada 2016 lalu di Universitas Diponegoro Semarang.


6. Ir. Andreas Eddy Susetyo, MM (Fraksi PDIP)

Ir. Andreas Eddy Susetyo, MM mengenyam pendidikan dasar di Sint. Dionysius l tahun 1996 hingga 1972. Kemudian, melanjutkan pendidikan menengah di SMPN ll Malang lulus tahun 1975.

Profil 8 Anggota DPR Dapil V Malang Raya
Foto : Ir. Andreas Eddy Susetyo, MM, Istimewa.

Jenjang pendidikan tingkat atas ia tempuh di SMAN III Malang hingga lulus di tahun 1979. Ia melanjutkan studi di Institut Sepuluh November (ITS) mengambil konsentrasi di Teknik Elektro. Ia juga tercatat sebagai mahasiswa jurusan managemen di universitas Prasetya Mulya pada tahun 1992 hingga 1994.

Andreas tercatat telah dua periode menjabat sebagai anggota DPR RI Fraksi PDIP. Yakni tahun 2014-2019 dan 2019 hingga saat ini.

Karirnya terbilang cemerlang. Di tahun 2010 hingga 2012, ia didapuk menjadi advisor di Bank of China. Ditahun yang hampir sama yakni 2008 hingga 2014 ia menjadi Komite Pemantau Resiko Bank BCA.

Berikut riwayat lengkap Ir. Andreas Eddy Susetyo, MM yang berhasil tim sekilasmalang.com telusuri.

PT. Bank BCA, TBK, Sebagai: Komite Pemantau Resiko. Tahun: 2008 – 2014
Asian Banker Tech Operation Council, Sebagai: Board of Council. Tahun: 2006 – 2010
IBM, Sebagai: Board of Advisors. Tahun: 2004 – 2007
PT. Bank Mandiri, Sebagai: Direktur/Ex. Manajemen. Tahun: 2000 – 2006
PT. Bank Niaga, TBK, Sebagai: Direktur. Tahun: 1995 – 2000
PT. Mitra Info Konsultasi, Sebagai: Dirut. Tahun: 1991 – 1995
PT. Swadharma Duta Data, Sebagai: VP. Tahun: 1987 – 1990
PT. Daeng Brothers, Sebagai: Manajer. Tahun: 1984 – 1986
Riwayat Organisasi
Credit Union Sawiran, Sebagai: Anggota. Tahun: 2008 – skrg
ASEAN Banker, Sebagai: Anggota. Tahun: 2003 – skrg
PDI Perjuangan, Sebagai: Anggota. Tahun: 2003 – skrg
Crisis Center Konferensi Wali Gereja Indonesia, Sebagai: Anggota. Tahun: 2001 – 2004

7. Ir. H. M. Ridwan Hisjam (Fraksi Partai Golongan Karya)

Nama Ridwan Hisjam atau Ir. H. M. Ridwan Hisjam jelas tak asing lagi ditelinga masyarakat Malang Raya. Ridwan Hisjam merupakan politisi senior asal Partai berlambang beringin partai Golkar.

Pria kelahiran Surabaya 26 Mei 1958 ini merupakan alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember tahun 1987. Ia menikah dengan Hj. Siti Nurainiyah dan dikaruniai 5 orang anak.

Ridwan Hisjam merupakan politikus Indonesia yang menjabat sebagai anggota DPR-RI selama empat periode yakni tahun 1997-1999, 1999-2004, 2014-2019, dan 2019-hingga saat ini.

Profil 8 Anggota DPR Dapil V Malang Raya
Foto : Ridwan Hisjam, Istimewa.

Ridwan Hisjam mewakili daerah pemilihan Jawa Timur V, yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu.

Ridwan Hisjam memiliki segudang pengalaman. Pria yang karib disapa mas Ayok ini memulai debut kariernya di dunia politik sejak terpilih sebagai anggota MPR-RI utusan daerah Jawa Timur pada tahun 1997, tepat setahun sebelum runtuhnya orde baru.

Kemudian pada Pemilu 1999 pasca reformasi, Ridwan kembali terpilih sebagai anggota DPR-RI/MPR-RI dari Partai Golkar.

Demikian juga pada Pemilu 2004, ia juga terpilih kembali sebagai anggota DPRD Jatim dari daerah pemilihan Malang Raya, sekaligus Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur sejak tahun 2000. Tak berhenti di situ, Ridwan masih tetap eksis di panggung politik dengan terpilih sebagai anggota DPR/ MPR RI pada Pemilu 2014, dan Pemilu 2019 untuk Dapil yang sama. Ia hanya absen satu kali di Pemilu 2009 karena waktu itu, Ridwan baru saja dicalonkan sebagai wakil gubernur Jatim pada Pilgub Jatim 2008 berpasangan dengan Sutjipto Sekjen DPP PDI Perjuangan.

Profil 8 Anggota DPR Dapil V Malang Raya.


8. Kresna Dewanata Phrosakh (Fraksi Partai NasDem)

Kresna Dewanata Phrosakh berdarah asli Jawa Timur. Ia lahir di Malang 29 Desember tahun 1985.

Diusia nya yang masih terbilang muda yakni 36 tahun, ia sudah mampu melenggang menjadi simbol pemuda yang hadir di lingkungan Kantor DPR Senayan. Kresna Dewanata Phrosakh merupakan anggota DPR RI Fraksi Partai Nasdem.

Pemuda yang merupakan anak Bupati Malang Rendra Kresna ini terpilih menjadi perwakilan di Dapil Jawa Timur V Malang Raya yang mencakup wilayah Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu.

Sekilas malang
Foto : Kresna Dewanata Phrosakh, Istimewa.

Ia merupakan penggemar fanatik klub sepak bola asal Malang Arema FC. menurutnya, Arema merupakan agama kedua.

Karirnya Cemerlang, menjadi ketua DPD KNPI Malang periode 2012-2015. Menjadi ketua DPD Partai Nasdem sejak tahun 2010.

Ia terpilih menjadi Anggota DPR RI pada pemilu Legislatif 2014, kemudia di tahun 2019 terpilih kembali hingga saat ini. Kresna Dewanata Phrosakh bertugas di komisi 10 DPR RI yang membidangi kepemudaan, olahraga, pariwisata dan pendidikan. Namun informasi yang dihimpun, pria yang karib disapa Dewa ini sudah berpindah dari komisi 10 DPR RI.

 

Demikian Profil 8 Anggota DPR Dapil V Malang Raya.

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,754PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles