Jumat, 3 Februari 2023
spot_img

Pentingnya Pembangunan Ekonomi

Sekialasmalang.com, Ngopini – Pentingnya Pembangunan Ekonomi Oleh Nova Rizkya Mahasiswa UMM

Pembangunan ekonomi diartikan sebagai suatu proses atau upaya untuk meningkatkan pendapatan total, pendapatan perkapita dengan melihat adanya faktor pertambahan penduduk yang disertai dengan perubahan fundamental dalam sebuah struktur perekonomian dan pemerataan bagi penduduk didalam suatu negara. Tentunya suatu negara memiliki tujuan utama dalam melakukan pembangunan ekonomi yaitu untuk menciptakan pertumbuhan yang baik bagi negaranya.

Pembangunan yang terfokus pada proses transformasi penduduk atau masyarakat, perpindahan dari pola pikir tradisional, pola hidup tradisional, metode produksi tradisional ke cara yang lebih modern. Bisa disimpulkan bahwa secara garis besar strategi sebuah pembangunan negara itu berfokus pada elemen transformasi ini, lebih khusus pada aspek ekonomi. Akan tetapi tidak baik jika fokus yang dilakukan itu berlebihan, karena bisa mengaburkan makna antara ekonomi yang sebagai cara dan sebagai tujuan dalam pembangunan.

Dalam proses pembangunan ekonomi, perlu dilakukan beberapa poin agar bisa tercapainya tujuan utama dari pembangunan, yaitu perlu dilakukannya modernisasi pembangunan, pendekatan sosial budaya dalam pembangunan ekonomi, serta pembangunan ekonomi dan demokrasi. Selain itu dalam melakukan kegiatan-kegiatan pembangunan, dibutuhkan prinsip-prinsip pembangunan sebagai pegangan untuk terus mencapai goals pembangunan yang semestinya.

Prinsip-prinsip itu adalah kegiatan pembangunan yang berfokus pada semua aset, disini pentingnya untuk memperhatikan keseluruhan aset yang ada untuk ditingkatkan agar bisa menhasilkan output yang selaras dalam pembangunan ekonomi, kemudian prinsip kedua yaitu perlu menyelesaikan aspek-aspek distributif sepanjang waktu, dan yang ketiga perlu menekankan kerangka kerja institusional bagi pemerintahan yang baik.

Hal-hal diatas tentunya sangat menduduk suatu negara dalam melaksanakan pembangunan ekonomi mengingat sangat pentingnya proses ini bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Akan ada perbedaan yang signifikan antara negara dengan pembangunan ekonomi yang baik dibandingan negara dengan pembangunan ekonomi yang kurang baik. Dimana suatu negara dengan pembangunan ekonomi yang baik akan mengalami perkembangan didalam pendapatan nasional nya, perbedaan tingkat hidup penduduknya juga akan kelihatan. Hampir 67% penduduk dunia menerima kurang dari 17% pendapatan nasional. Selain itu adanya keinginan untuk meningkatkan pendapatan nasional pada negara sedang berkembang, sehingga nantinya bisa memiliki standar kehidupan yang lebih baik.

Sebagai contoh beberapa kegiatan dalam pembangunan ekonomi yaitu seperti pembangunan infrastruktur, dengan semakin terfasilitasi nya suatu negara akan infrastruktur yang memadai bisa mempermudah roda kegiatan yang dilakukan penduduknya sehingga dengan harapan nantinya bisa meningkatkan kualitas ekonomi negara tersebut. Selain itu juga ada pembangunan yang dilakukan  dibidang pendidikan, dan pembangunan dibidang kesehatan.

Oleh : Nova Rizkya Ning Putri, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,695PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles