Pendidikan

Bahas Langkah Pengembangan Wisata, Enam Punggawa Duduk Bersama

Sekilasmalang.com, Kabupaten Malang – Bahas Langkah Pengembangan Wisata Enam Punggawa Duduk Bersama.

Atas inisiatif Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Unira Malang bersama Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Giring Enam Pandawa ke Wisata Coban Demi langkah pengembang selanjutnya.

Pelatihan administrasi dan keuangan yang digelar pada Sabtu sore merupakan pelatihan perdana bagi kelompok sadar wisata (POKDARWIS) desa Sukodono Kecamatan Dampit Kabupaten Malang.(10/08)

Diiringi oleh suara ricik lima air terjun bernama Coban Pandawa ini menjadi pemandangan eksotis di sana, warga kelompok sadar wisata (POKDARWIS) mengikuti pelatihan dengan semangat nan syahdu.
Ide kegiatan ini tak lain berasal dari mahasiswa kelompok 4 KKN-Tematik Unira Malang. Dalam melakukan pengabdian di desa Sukodono, Unira Malang Kembali mengirim satu kelompok untuk melanjutkan program kerja KKN-Tematik di periode sebelumnya.

Enam warga pengelola Wisata Coban Pandawa mengikuti kegiatan dengan antusias meski hanya diselenggarakan di gazebo sangat sederhana terbuat dari bambu yang tak begitu lebar, terletak sekitar dua meter di samping air terjun.

Pelatihan mini diawali dengan kerja bakti di lingkungan Coban Pandawa. Hal ini tentu menjadikan pendongkrak semangat para warga akan langkah selanjutnya demi kemajuan POKDARWIS setelah sekitar beberapa bulan POKDARWIS didirikan bersama kelompok KKN-Tematik sebelumnya.

Berdasarkan tematik KKN tentang kepariwisataan, Sasaran utama dalam pelaksanaan pelatihan mini memang difokuskan pada Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) sebagai pengelola Wisata Coban Pandawa. Pasalnya, mereka selaku pengelola belum sepenuhnya memahami akan tata cara dalam menata administrasi dan laporan keuangan. Harapan dan keinginan mereka untuk kemajuan wisata ini begitu besar, tak heran warga begitu antusias meluangkan waktunya demi mengikuti pelatihan mini ini.

“Ya mungkin kalau ada begini (pelatihan ini) kami jadi semangat dalam mengelola wisata ini,” ujar Sumarno selaku bendahara POKDARWIS.

“Dengan pelatihan seperti ini, akhirnya kami paham bagaimana cara membuat catatan keuangan yang simple,” lanjutnya.

Suara ricik air terjun dan senja yang meneduhkan suasana, ditambah penyampaian materi yang terkesan lugas namun santai meleburkan canda tawa antara warga dan enam belas mahasiswa yang turut serta di kegiatan tersebut. “Ya, ini sama seperti kita sebagai enam pandawa sedang belajar kepada anak kita sendiri” Ujar Miseri, seksi kreasi dan keindahan POKDARWIS dengan mengundang tawa semua yang hadir di sana.

“Harapan kami supaya pemahaman tentang pelaporan administrasi dan keuangan ini dapat memudahkan kami juga anggota dalam mengembangkan Wisata Coban Pandawa,” lanjutnya.

Sebelum kegiatan ditutup, warga dan mahasiswa kelompok 4 yang hadir menikmati hidangan sederhana diselingi canda tawa. Seluruh mahasiswa kelompok 4 dan enam warga pengelola Wisata ini saling bersalam-salaman mengucap banyak terimakasih laksana sebuah kenangan yang tak usai untuk kembali diulang. (dk/sbl)

Comment here