Kamis, 24 November 2022
spot_img

Manfaat Konsumsi Kolang kaling saat Berbuka Puasa

Sekilasmalang.com, Serba serbi – Manfaat Konsumsi Kolang kaling saat Berbuka Puasa.

Memiliki nama ilmiah arenga pinnata, Kolang kaling memberikan rasa segar dan nikmat. Selain timun suri dan biji salak, ada satu jenis  makanan yang biasanya menjadi hidangan untuk berbuka puasa. Makanan itu adalah kolang kaling.

Kolang kaling merupakan biji buah atap atau Atep graph dikenal juga dengan buah pohon enau atau aren. Kolang kaling memiliki nama ilmiah Arenga Pinata. Buah ini memberikan rasa segar dan nikmat.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah kolang-kaling adalah vitamin C vitamin, zat besi, serat, kalsium, fosfor dan berbagai macam nutrisi lainnya. Selain nutrisi tersebut, kolang-kaling juga mengandung beberapa zat antioksidan seperti saponin flavonoid dan polifenol.

Berdasarkan kandungan nutrisi tersebut, maka  buah kolang-kaling memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Konsumsi Kolang kaling saat Berbuka Puasa
Foto : Manfaat Konsumsi Kolang kaling saat Berbuka Puasa, Istimewa.

Apa manfaat buah kolang kaling?

Manfaat kolang  kaling untuk kesehatan antara lain untuk mengontrol kadar gula darah. Kadar gula darah yang meningkat dalam tubuh akan menimbulkan komplikasi yang berbahaya. Jika tidak dikontrol dan melakukan cek secara berkala dapat menimbulkan resiko gangguan kesehatan misalnya dapat menyebabkan kerusakan ginjal, kerusakan jantung, juga bisa menyebabkan kerusakan saraf.

Untuk itu harus  dilakukan pemeriksaan secara rutin dan menetap. Berdasarkan suatu penelitian, serat yang terdapat dalam kolang kaling mengandung senyawa polisakarida galaktomanan yang mempunyai  peranan penting dalam menurunkan kadar gula darah. Utamanya menjaga kesehatan jantung.

Manfaat Konsumsi Kolang-kaling untuk menjaga kesehatan Jantung

Seperti kita tahu, jantung merupakan organ vital yang harus dijaga kesehatannya. Karena, jantung adalah pusat dari sistem peredaran darah. Jantung  mempunyai fungsi yang sangat penting yaitu untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

Kandungan polisakarida galaktomanan yang terdapat dalam serat kolang-kaling selain berfungsi dalam menurunkan  kadar gula darah, senyawa tersebut juga mempunyai peranan dalam menurunkan kadar kolesterol.

Rutin mengonsumsi kolang kaling terbuti dapat menjaga kesehatan jantung, karena dapat memperlancar aliran darah.

Manfaat Konsumsi Kolang-kaling juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Menjaga kesehatan pencernaan merupakan hal  yang harus diperhatikan secara baik. Agar sistem pencernaan tetap terjaga dengan baik dan terhindar dari penyakit-penyakit saluran pencernaan seperti diare dan sembelit.

Kolang kaling adalah makanan yang  mengandung serat yang cukup tinggi sehingga dengan mengkonsumsi kolang-kaling dapat membuat  saluran pencernaan menjadi lebih sehat.

Hal itu karena, tingginya kandungan serat  dalam kolang kaling yang mempunyai peranan yang penting untuk mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit.

Manfaat berikutnya dari kolang-kaling yakni mampu mengatasi anemia. Apa itu anemia? anemia adalah suatu kondisi dimana kadar hemoglobin atau  yang sering kita sebut dengan kadar HB lebih rendah dari nilai standar.

Gejala anemia antara lain pucat lemas, sakit kepala menjadi gejala khas dari anemia. Kandungan  zat besi yang cukup tinggi yang terdapat dalam kolang-kaling mempunyai peranan penting dalam  mengatasi anemia atau mengatasi gejala anemia dengan mendistribusikan oksigen ke  jaringan tubuh sehingga gejala-gejala anemia dapat diatasi dengan baik.

Konsumsi Kolang-kaling untuk Mengatasi Nyeri Sendi

Kolang kaling juga bermanfaat untuk mengatasi nyeri sendi. Nyeri sendi adalah nyeri yang muncul di  daerah sendi yang pada umumnya disebabkan oleh hal-hal diluar penyakit misalnya keseleo dan melakukan aktivitas yang terlalu berat.

Dalam sebuah penelitian, kandungan beberapa zat aktif yang terkandung dalam kolang-kaling  mempunyai peranan sebagai anti inflamasi atau anti peradangan sehingga dengan mengkonsumsi  kolang-kaling dapat mengatasi permasalahan nyeri sendi.

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,590PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles