Jumat, 3 Februari 2023
spot_img

Fakta Gempa Cianjur Hari ini

Sekilasmalang.com, Nasional – Fakta Gempa Cianjur Hari ini.

Cianjur Jawa Barat diguncang gempa.Gempa bumi yang diduga berpusat di daratan tersebut terjadi pada Senin (21/11/2022) siang.

Sebanyak 56 orang dilaporkan meninggal dunia. Jumlah korban terbanyak adalah anak anak.

Gempa ini mengakibatkan puluhan rumah rusak parah dan ratusan korban lainnya mengalami luka-luka.

  1. Gempa Cianjur berkekuatan M 5,6

BMKG menyebut, Gempa bumi yang mengguncang Cianjur berkekuatan M 5,6. Gempa ini berpusat di daratan tepatnya 10 kilometer Barat Daya Kabupaten Cianjur.

Dilihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Cimandiri.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser ( strike-slip ),” tulis Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono pada keterangan resminya seperti dilansir Detik.

Fakta Gempa Cianjur
Foto : Kerusakan akibat gempa Cianjur berkekuatan M 5,6, Istimewa.
  1. 8 Unit Mobil Tertimbun Longsor

Gempa Cianjur berkekuatan 5,6 Magnitudo ini mengakibatkan 8 mobil tertimbun longsor.

Hal tersebut seperti disampaikan Bupati Cianjur Herman Suherman. Menurut Herman, titik longsor berada di kilometer 8 Desa Cibeureun, Kecamatan Cugenang.

Tepatnya, di depan rumah makan Sate Shinta. Menurut dia, ada delapan unit mobil di yang tertimbun. Namun, belum dipastikan korban berhasil selamat atau mengalami luka.

“Ada delapan mobil yang tertimbun, untuk luka atau ada korban jiwanya masih dicek. Mobilnya masih dievakuasi,” ucap Herman.

  1. Jawa Barat Siaga Satu

Pasca guncangan gempa Cianjur, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menetapkan status Jawa barat menjadi siaga satu bencana.

“Berikutnya harus diantisipasi biasanya hitungan hari ada tambahan. Siaga satu karena musim bencana di akhir tahun selalu mengiringi,” kata Ridwan Kamil di Gedung Pakuan.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil meminta agar masyarakat mematuhi SOP saat bencana gempa terjadi. Masyarakat tetap waspada, mencari tempat terbuka dan aman saat terjadi gempa susulan.

“Saya turut prihatin. Mudah-mudahan tidak banyak korban baik harta maupun jiwa. Kita terus waspada, biasanya gempa ini kan susul menyusul,” kata gubernur Jabar ini dikutip Detik.

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,695PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles