Dampak Virus Corona, UN Tahun 2020 Resmi Ditiadakan

Sekilasmalang.com Nasional – Dampak Virus Corona, UN Tahun 2020 Resmi Ditiadakan.

Dampak meluasnya virus corona, berbagai kebijakan diambil oleh pemerintah mulai dari tingkat pusat hingga tingkat daerah. Terbaru, Presiden Joko Widodo menegaskan terkait penghapuan UN 2020 dalam rapat pembahasan UN, Selasa (24/03/2020), melalui video conference.

“Keputusan ini sebagai bagian dari sistem respons wabah Covid-19 yang salah satunya adalah pengutamaan kesehatan rakyat,” Kata Juru Bicara Presiden RI, Fajroel Rachman, melansir dari Kompas.com.

Foto : Screenshot vidio conference Nadiem Makarim, (dokumen pribadi).

Pembatalan UN menjadi penerapan kebijakan social distancing (pembatasan sosial) untuk memotong rantai penyebaran virus corona SARS 2 atau Covid-19.

Merujuk pada edaran resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan bahwa UN Tahun 2020 dibatalkan, bagi semua jenjang pendidikan. Menyusul UN tingkat SMK yang sudah dilaksanakan minggu lalu, maka pelaksanaan Uji Kompetisi Keahlian 2020 bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) juga ditiadakan.

Dengan dibatalkannya UN Tahun 2020 maka keikusertaan UN tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi

Sementara, dengan dibatalkannya UN Tahun 2020 maka proses penyetaraan bagi lulusan program paket A, program paket B, dan program Paket C akan ditentukan kemudian.

 

Exit mobile version