Jumat, 25 November 2022
spot_img

Cara Jitu Menghilangkan Stress

Sekilasmalang.com, Kesehatan – Cara Jitu Menghilangkan Stress.

Rutinitas atau aktivitas yang kita lakukan setiap hari bisa menimbulkan stress bagi kita. Tak hanya itu, mungkin tekanan pekerjaan, keuangan yang masih amburadul, dan masih banyak lagi lainnya juga bisa memicu timbulnya stress itu sendiri.

Stress yang kita biarkan bisa berlarut-larut dan menyebabkan gangguan bagi kesehatan mental. Apabila kesehatan mental kita terganggu, hal itu bisa menjadi gerbang masuk untuk penyakit-penyakit lain masuk pula ke tubuh kita.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan stress tersebut? Berikut beberapa cara jitu dari mimin yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stress.

Menceritakan Masalah Kepada Orang Terdekat

Menceritakan Masalah Kepada Orang Terdekat
Foto : Menceritakan Masalah Kepada Orang Terdekat, Pexel.


Memendam masalah yang kamu alami sendirian, bisa menimbulkan stress kepada diri kamu. Cobalah untuk bercerita masalah yang kamu alami kepada orang terdekatmu. Bisa orang tua, pasangan, dan sahabat.

Apabila kamu mungkin malu atau sungkan untuk bercerita, jaman sekarang sudah banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk berkeluh kesah. Bisa juga kita masuk ke aplikasi curhat yang lawan bicaranya anonim. Ataupun juga bisa di beberapa layanan yang ada di komunikasi elektronik seperti radio.

Jika kamu merasa masalah tersebut terlalu berat dan terlalu menekan dirimu, kamu bisa berkonsultasi kepada psikolog untuk membicarakan masalah-masalah serta tekanan yang kamu hadapi.

Memendam sebuah masalah, dapat menekan mental kamu serta menimbulkan stress kepanjangan bagi diri kamu. Jika tak segera kamu tindaklanjuti, kamu bisa down dan pekerjaan yang kamu lakukan bisa saja terganggu.

Keberadaan orang-orang yang bisa menerima dan mendengarkan cerita kamu, merupakan satu hal yang penting. Dengan kamu bercerita mengenai masalahmu, kamu bisa menemukan solusi dan tindakan apa yang harus kamu lakukan selanjutnya untuk menangani masalahmu ini.

Dengan bercerita pula, pikiran kamu bisa lebih nyaman serta beban yang awalnya kamu rasa kamu angkat sendirian, sekarang menjadi lebih ringan.

Buat Buku Jurnal Keseharian


Tak hanya dengan bercerita, kamu juga bisa menuliskan masalah yang kamu hadapi serta rutinitas yang kamu lakukan sehari-hari.

Tak perlu bingung dengan bagaimana cara menulis diary harian kamu, kamu cukup menuliskan apapun yang kamu pikirkan. Kamu bisa menulis rutinitas keseharianmu, masalah yang kamu hadapi, dan mungkin juga momen-momen unik ataupun bahagia yang terjadi kepada diri kamu.

Jangan pernah malu untuk menulis diary karena diary ini hanya diperuntukkan diri kamu. Dan hanya kamu orang yang bisa menulis, membuka, dan membaca diary ini dan orang lain tak boleh.

Selain meredakan stress, menulis juga bisa menjadi cara untuk kamu lebih mengenal diri kamu sendiri. Karena, dengan menulis diary ini, kamu menyelami isi pikiranmu serta memikirkan apa saja yang kamu lakukan seharian ini.

Mendengarkan Musik Kesukaan


Mendengarkan musik yang kamu sukai, menjadi jalan kamu untuk meredakan stress. Jika kamu larut dalam alunan melodi dari musik yang kamu dengarkan, kamu akan turut menyanyi dan sejenak melupakan stress dari masalah yang kamu hadapi

Hindari Rokok dan Alkohol


Saat kamu stress, kamu cenderung melakukan hal yang salah. Alih-alih menghilangkan stress yang melanda diri kamu, hal-hal tersebut malah bisa membuat kamu terjerumus ke arah yang lebih salah lagi.

Seperti merokok dan minum alkohol. Jika seseorang memiliki tekanan yang berujung menjadi stress, tak jarang dua hal ini yang menjadi pelarian dari masalah yang kamu hadapi.

Meskipun nikotin dan efek dari alkohol bisa menyebabkan rasa tenang sesaat, hal ini tak baik bagi kesehatan kamu. Apalagi saat kamu meminum alkohol atau minuman keras, kamu bisa saja tak sadar melakukan kesalahan yang lebih berat dan menimbulkan masalah-masalah baru.

Bukannya masalahmu terselesaikan, tapi yang ada kamu makin stress dengan timbulnya masalah-masalah baru yang kamu timbulkan di kemudian hari. Maka dari itu, jauhi dua hal ini ya, sahabat.

Miliki Me Time


Stress juga bisa kamu hindari dengan cara melakukan me time. Beri quality time untuk dirimu sendiri di sela-sela aktivitas atau kesibukan kamu. Kamu bisa melakukan hal tersebut saat di waktu senggang, atau saat kamu memiliki hari libur.

Beri waktu dan ruang untuk diri kamu sendiri untuk melakukan hal-hal yang kamu suka. Kamu bisa berpuasa untuk bermain gadget, dan melakukan hal-hal atau aktivitas yang telah lama tak kamu lakukan.

Saat me time, kamu bisa menghindari dunia luar dan fokus membahagiakan diri kamu. Bisa dengan cara mematikan gadgetmu, ataupun pergi ke tempat favorit sendirian dan lupakan sejenak masalah yang kamu hadapi.

Saat kamu berquality time dengan dirimu sendiri, katakan kepada dirimu bahwa kamu punya dunia sendiri yang bahagia. Kamu berhak tersenyum, dan tak ada satupun orang yang busa merenggut senyum itu darimu.

Belajar Menjadi Pribadi yang Bersyukur dan Ikhlas

Cara Jitu Menghilangkan Stress
Foto : Cara Jitu Menghilangkan Stress, Pexels.


Apapun yang kamu miliki atau apapun yang terjadi dengan segala masalah yang menimpa kamu, jadilah pribadi yang bersyukur atas apapun. Selalu lah bersyukur atas apa yang diberikan tuhan, dan yakinlah bahwa apapun masalahnya, itu adalah yang terbaik untuk kamu.

Anggaplah itu adalah sebuah ujian yang diberikan tuhan karena kamu merupakan pribadi yang kuat dan sanggup untuk melewatinya. Yakin lah juga, di ujung lorong perjuangan yang kamu lakukan, ada cahaya kenikmatan yang akan kamu rasakan ketika kamu berhasil untuk berjuang keluar dari jurang masalah itu.

Tak hanya bersyukur, belajarlah juga menjadi pribadi yang ikhlas dan memaafkan. Memang, mungkin hal itu sulit dan berat. Tetapi, dengan kamu menjadi pribadi yang ikhlas dan pemaaf, akan ada hal-hal baik yang terjadi selanjutnya.

Rajin Beribadah


Jika kamu percaya kepada tuhan, atau mungkin istolahnya adalah agamis mungkin, kamu tak akan merasa berat saat mempunyai masalah. Karena disitu kamu yakin, bahwa kamu punya tuhan yang melindungi diri kamu.

Dengan ibadah, pikiranmu bisa jauh lebih tenang karena kamu merasa bisa dekat dengan tuhan. Saat berdoa, kamu bisa mencurahkan segala perasaan yang kamu miliki. Karena pada dasarnya, sujud kepada Allah SWT adalah curhat terbaik dari yang terbaik.

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,589PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles