Acara

“Njagong” Gusdurian Kanjuruhan, Upaya Membangun Sinergisitas Berbangsa

sekilasmalang

Sekilasmalang.com, Kepanjen – “Njagong” Gusdurian Kanjuruhan, Upaya Membangun Sinergisitas Berbangsa.

Gusdurian Kanjuruhan Malang gelar jagongan sinergitas, Kamis (25/7), di Pendopo Universitas Islam Raden Rahmat (UNIRA) Malang.

“Membangun sinergisitas membingkai harmony berbangsa” jadi tema menarik.

“Sinergitas merupakan elemen dasar dalam pembentukan harmoni kebangsaan. Tanpa sinergitias persatuan merupakan tong kosong yang kosong dalam substansinya,” ujar Erik selaku kordinator Gusdurian Kanjuruhan.

Menurut Erik, disinggung soal tujuan njagong ini, untuk membingkai keberagaman dalam rangka meningkatkan intensitas komunikasi lintas agama sebagai pengamalan dari 9 elemen nilai pemikiran Gusdur.

foto : ist

“Adapun 9 nilai itu,” kata Erik,” Mencakup Nilai Ketauhidan, Kemanusiaan, keadilan, kesetraan, pembebasan, kesederhanaan, persaudaraan, kesatriaan, kearifan lokal.”

Lebih lanjut, Erik menyebut, nilai itulah yang menjadi bingkai keberagaman berbangsa dan bernegara.

“Sehingga dapat tercipta kerukunan antar umat beragama,” tukas pria yang juga Pengampu salah satu Mata Kuliah di Unira Malang ini.

Sejalan, Rurid Rudianto, yang juga Anggota Gusdurian Kabupaten Malang menyatakan dalam diskusi ini gusdurian bisa menjadi mitra strategis antara Pemerintah dan masyarakat.

“Ini merupakan langkah awal penerapan 9 nilai Gusdur, Gusdurian dalam hal ini menjadi fasilitator komunikasi antara pemerintah dan masyarakat.”

Acara yang dimulai pukul 11.00 WIB ini merupakan kerjasama Gusdurian Kanjuruhan dan DispendukCapil guna mengurai permasalahan mendasar tentang kependudukan yang kerap kali bias dalam perspektif masyarakat.

Dr. Ir. Sri Meicharini, M.M, sebagai salah satu pembicara dari Dipendukcapil banyak menguraikan tentang pentingnya sadar dokumen perubahan, sadar dokumen kepemilikan, dan sadar pemutakhiran data.

“Dengan sadar dokumen yang harus dimiliki, dapat memudahkan perseorangan maupun masyarakat dalam memenuhi hak sosial dan hak kesejahteraannya,” tukas Sri Meicharini

Acara tersebut di hadiri oleh Rektor Unira Malang, Kadis Capil, Kabid PDIP , Kabid capil, tokoh lintas agama, Presidium Gusdurin Jatim, dan anggota Gusdurian Kabupaten Malang. (fbr/sblae)

Comment here