Acara

Motivasi Wisudawan, Hasan Abadi: Berkah Dijewer Sampai Jadi Rektor

Sekilasmalang.com, Dampit – Motivasi Wisudawan, Hasan Abadi: Berkah Dijewer Sampai Jadi Rektor

Usai sudah pelaksanaan Wisuda Ke- 3 SMP Plus dan SMK An-nur Al-Munir Dampit Tahun Pelajaran 2018/2019 yang digelar oleh Yayasan An-Nur Al Munir Banjarpatoman Dampit. Bertempat di halaman SMP Plus – SMK An-nur Al-Munir Banjarpatoman, Desa Amadanom, kec. Dampit, pada hari Sabtu (06/07/2019).

Memasuki wisuda angkatan ketiga di SMP Plus dan perdana bagi SMK An-Nur Al-Munir, meluluskan siswa-siswinya dalam kegiatan kali ini. Dihadiri oleh Dr. Hasan Abadi, M.AP, selaku rektor Universitas Islam Raden Rahmat Malang yang juga menjadi dewan pembina SMP Plus dan SMK An-nur Al-Munir, acara ini sekaligus digelar bersamaan dengan pembagian rapor siswa Kelas 7-8 dan Kelas 10-11 Program Studi Teknik Sepeda Motor dan Tata Busana.

Dimulai pada pukul 09.00 WIB, acara yang diawali dengan prosesi pengarakan wisudawan dan wisudawati dari halaman pondok pesantren Al Munir menuju halaman sekolah ini, dengan iringan Mars Al-Munir yang menjadi identitas kebanggaan sekolah. Susunan acara tersebut sekaligus mengiringi prosesi wisuda sebagai acara intinya.

Foto sambutan Kepala Sekolah SMK
Foto sambutan Kepala SMK AN-Nur Al Munir, Sapto Pitoyo, S.Pd

Setelah memasuki prosesi wisuda, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.  Menyadari akan pentingnya pendidikan bagi generasi muda, dalam sambutannya, “Jangan terburu ke KUA, pak rektor menunggumu di Unira.” Tutur Sapto Pitoyo, S.Pd selaku Kapsek SMK dalam rangka memotivasi pelajar ditengah maraknya pernikahan dini pada generasi muda.

“Setiap perjalanan ini adalah proses, Jadi jika proses mu mudah, maka hasil itu juga mudah hilangnya. Jika proses itu sulit, Insyaallah hasilnya tidak mudah hilang.” Imbuhnya untuk memotivasi wisudawan supaya melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Demikian pula, Dr. Hasan Abadi, M.Ap dalam sambutannya turut menyampaikan penekanan akan pemahaman terhadap  para wisudawan dan wisudawati bahwa dibalik adanya kesuksesan, juga karena adanya bimbingan dari seorang guru.

Beliau mencontohkan, pengalamannnya ketika masih nyantri. Berbekal sikap ta’dzim kepada gurunya, Drs. KH. Umar Munir, M.Pd.I beliau merasakan keberkahan ilmunya dikemudian hari. “Barokah dijewer, sampai bisa jadi rektor” Kenangnya, berawal dari dijewer hingga rajin mengaji.

Beliau menuturkan, bahwa jangan sampai siswa-siswi di yayasan ini merasa takut untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi hanya karena masalah biaya.

Unira siap memberi beasiswa bagi semua siswa yang berasal dari sekolah ini dengan ketentuan mendapat rekomendasi dari KH Umar Munir selaku pengasuh pesantren dan yayasan. Beliau sadar generasi muda harus lebih meningkatkan keilmuannya agar tidak sampai terbawa arus yang berbahaya bagi kehidupan dimasa kini.

Foto sambutan Kepala Sekolah SMP
Foto sambutan Kepala SMP Plus An-Nur Al Munir, Drs. H. Umar, M.Pd.I

Harapannya, kedepan yayasan ini semakin mampu untuk terus berkiprah di dunia pendidikan. Hal ini senada dengan penuturan kepala SMP Plus An-Nur Al-Munir, bahwasanya penggunaan nama SMP Plus ini sesuai dengan rekomendasi dari Dr. Hasan Abadi, dengan maksud agar sekolah ini memiliki nilai lebih dibandingkan dengan yang lain.

Menuju penghujung acara, prosesi kegiatan ini ditutup dengan doa bagi siswa-siswi, beserta wisudawan yang sudah dikembalikan kepada wali murid serta sebagai bentuk upaya yayasan untuk terus berikhtiar dan berdoa dalam mengiringi kiprahnya. (bsp/lkm)

Comment here