Acara

Gelar Larung Sesaji, Bentuk Syukur Warga Desa Purwodadi

Sekilasmalang.com, Kabupaten Malang – Gelar larung sesaji, bentuk syukur warga Desa Purwodadi.

Gelaran Larung Sesaji menjadi agenda rutin Desa Tirtoyudo. Konon, ini merupakan wujud syukur warga atas limpahan hasil panen.

Tahun ini, Larung Sesaji digelar di Pantai Bowele, Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten Malang (9/16). Tampak berbeda dari Larung sesaji yang sebelumnya. Larung sesaji kali ini di gelar di awal jabatan Kepala Desa baru. Meskipun begitu acara tetap spektakuler, dengan diiringi puluhan anak-anak SDN, SMP yang ada di Desa Purwodadi dan para warga.

Selain itu, acara larung sejaji ini juga di meriahkan dengan digelarnya reog ponorogo, dan wayang kulit.

” Dengan adanya larung sesaji yang dilakukan satu tahun sekali ini, masyarakat berharap Desanya aman, tentram dan penghasilan ikan bisa bertambah meskipun dengan alat seadanya,” kata Marsi Spd.i yang merupakan kepala Desa Purwodadi kepada Sekilasmalang.com (16/9), via WhatsApp.

Lebih lanjut, masih menurut Marsi, Larung sesaji yang digelar setiap tahun ini juga merupakan budaya bangsa indonesia yang harus dilestarikan, sebagai bentuk terima kasih dan do’a.

Perlu diketahui, Desa Purwodadi adalah desa yang terletak di malang selatan. Memiliki beberapa pariwisata dan penghasilan masyarakat yang ditak bisa dipandang sebelah mata.

Larung sesaji adalah bentuk terima kasih dan permohonan masyarakat Desa Purwodadi ini dilakukan turun-menurun dari zaman nenek moyang sampai sekarang. Agar limpahan rezeki selalu diberi kepada masyarakat. (kaf/sbl)

Comment here